Bukan Anggota BEM, Terduga Pemerkosa Mahasiswa UMY Ternyata Demisioner

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 18:38 WIB
Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).
Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Bantul -

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyebut terduga pelaku pemerkosaan yang viral di akun Instagram @dear_umycatcallers tidak lagi sebagai anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). UMY menyebut terduga itu sebagai demisioner, hal itu muncul setelah dilakukan investigasi.

"Dari hasil investigasi sementara ternyata terduga pelaku sudah bukan pengurus BEM, tetapi sudah demisioner atau selesai masa kerjanya," kata Kepala Biro Humas dan Protokol UMY Hijriyah Oktaviani kepada detikcom, Selasa (4/1/2022).

Menyoal periode berapa terduga masuk sebagai anggota BEM aktif, Hijriyah mengaku belum bisa mengungkapkannya. Sebab dia menjelaskan kewenangannya berada pada komite disiplin mahasiswa UMY.

"Kalau info itu masih di tim komite disiplin," ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Hijriyah ketika ditanya apakah ada korban lain terkait aksi terduga pelaku. Mengingat di akun @dear_umycatcallers menyebut korban terduga korban ada tiga orang.

"Ini masih proses investigasi oleh komite disiplin dan etik mahasiswa. Jadi saya belum bisa memastikannya karena masih dalam proses investigasi," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, UMY menyebut terduga pelaku pemerkosaan yang viral di akun Instagram @dear_umycatcallers adalah anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

"Inggih (iya) terduga pelaku adalah anggota BEM," kata Hijriyah kepada detikcom, siang tadi.

Menyoal identitas hingga keseharian terduga di kampus, wanita yang kerap disapa Ria ini mengaku belum bisa mengungkapkannya. Hal itu karena pihaknya melalui Komite Disiplin dan Etik Mahasiswa UMY masih melakukan investigasi.

"Hasil investigasi komite disiplin dan etik semoga bisa keluar besok, nanti kami sampaikan nggih. Sementara ini masih ditangani investigasinya oleh komite disiplin dan etik mahasiswa," ucapnya secara singkat.

Lihat juga video '3 Pemuda Perkosa Perempuan di Sukabumi Usai Dicekoki Miras':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)