Njepat! Penutup Saluran Air Underpass Makamhaji Rusak Bikin Pemotor Kebanan

Ari Purnomo - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 16:47 WIB
Kendaraan harus berjalan pelan saat melintas di underpass Makamhaji, Sukoharjo, Selasa (4/1/2022).
Kendaraan harus berjalan pelan saat melintas di underpass Makamhaji, Sukoharjo, Selasa (4/1/2022). (Ari Purnomo/detikcom)
sukoharjo -

Kerusakan besi penutup saluran air yang melintang di jalan membuat kendaraan harus antre saat melintas di underpass Makamhaji, Sukoharjo. Kondisi tersebut diunggah oleh salah satu pengguna Instagram dan viral di media sosial.

Akun Instagram @infocegatansolo mengunggah video yang memperlihatkan kondisi jalan yang terganggu saluran air yang rusak itu pada Senin (3/1). Sejumlah kendaraan harus berjalan pelan agar rodanya tidak tersangkut besi penutup saluran air yang rusak.

Seorang pengendara motor akhirnya harus rela turun dari kendaraannya demi mengatur lalu lintas di underpass itu. Di video itu terdapat tulisan:

Tadi siang liat mas mas jagain besi underpass yang njepat

Postingan tersebut disertai dengan keterangan sebagai berikut:

Mau nge tag mas @gibran_rakabuming nanti di panggil sayang, soale nggak masuk Surakarta mau tag pak @ganjar_pranowo paling nggak dibaca.Underpass paling joss sedunia, ada pertigaannya.

Feeling ku kalah (kalau) ada yang bisa beresin underpass ini akan jadi RI 1.

Asline masalahe apa ta ngab, yang punya masukan corat coret di comment.

Dari pantauan di lokasi sore ini, kerusakan besi penutup saluran air masih terlihat, terutama di sisi timur selatan. Sehingga, pengendara kendaraan yang akan melintas harus mengurangi laju kendaraannya.

Kondisi ini sempat membuat antrean kendaraan dari timur memanjang. Sementara, laju kendaraan dari arah barat relatif lancar, meskipun tutup saluran air juga terlihat sudah tidak presisi. Salah seorang pemotor warga Sukoharjo, Sasa (29), mengatakan kerusakan tutup saluran air sudah terjadi lama.

"Biasanya kalau sore jam pulang kerja itu kendaraan dari arah timur macet panjang. Kalau yang dari arah barat relatif lancar," tuturnya kepada detikcom saat ditemui di tempat kerjanya, Selasa (4/1/2022).

Sasa menambahkan, kerusakan penutup saluran air di sisi timur memang cukup parah. Bahkan, tidak jarang pengendara yang mengalami ban bocor setelah melintas di jalan tersebut.

"Saya pernah kebanan (ban bocor) setelah melindas tutup saluran air itu. Kalau dari timur memang kerusakannya agak parah," ucapnya.

Warga lainnya, Agus (26) mengungkapkan, kerusakan saluran air di underpass sudah lama terjadi. Padahal, sebelumnya perbaikan juga pernah dilakukan.

Simak juga 'Kafe di Atas Saluran Air di Kemang Dibongkar!':

[Gambas:Video 20detik]



(ahr/sip)