Mikrobus di Pemalang Terguling Gegara Gagal Nanjak, 1 Penumpang Tewas

Robby Bernardi - detikNews
Selasa, 04 Jan 2022 15:54 WIB
Polisi dan warga mengevakuasi penumpang mikro bus yang mengalami kecelakaan di Pemalang, Selasa (4/1/2022)
Polisi dan warga mengevakuasi penumpang mikro bus yang mengalami kecelakaan di Pemalang, Selasa (4/1/2022). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Pemalang -

Sebuah mikrobus terguling setelah gagal melintasi tanjakan di jalan Desa Gunungjaya, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang. Seorang penumpang tewas.

Korban tewas bernama Caryono (34), warga Desa Watukumpul, Kecamatan Watukumpul, Pemalang.

Saat dihubungi, Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Pemalang Iptu Nuryadi membenarkan adanya kejadian kecelakaan tunggal itu.

"Iya, ada laka tunggal bus mikro yang mengakibatkan seorang penumpang meninggal dunia," kata Nuryadi kepada detikcom, Selasa (4/1/2022).

Peristiwa itu bermula saat mikrobus yang dikemudikan Endon (53) warga Desa Cikadu, Kecamatan Watukumpul, melaju dari arah Belik menuju Watukumpul. Di jalur tersebut kendaraan itu harus melintasi tanjakan yang cukup ekstrem.

"Bus tidak kuat menanjak. Rem bus juga tidak berfungsi maksimal, sehingga meluncur (mundur) ke bawah," kata dia.


Akibatnya, mikrobus itu merosot mundur hingga oleng dan membentur tiang telepon, pohon dan bangunan rumah. Kendaraan itu baru bisa berhenti setelah terguling.

Saat kecelakaan, mikro bus tersebut hanya berisi tiga orang, termasuk pengemudi dan kernet. Akibat kecelakaan tersebut salah satunya mengalami luka berat hingga akhirnya tidak tertolong.

"Seorang penumpang (korban) yang berayun di pintu tengah, terjepit kendaraan saat membentur tiang telepon, pohon dan bangunan rumah," katanya.

Korban yang menderita luka parah di kepala itu sempat dilarikan ke Puskesmas Watukumpul. Sayang, korban tewas sebelum tiba di puskesmas itu.

(ahr/rih)