Kolam Wisata Purbalingga TKP Bocah Tewas Tenggelam Ternyata Belum Berizin

Vandi Romadhon - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 15:13 WIB
Bocah 7 tahun asal Banjarnegara tewas tenggelam di kolam renang wisata di Purbalingga, Minggu (2/1/2022).
Bocah 7 tahun asal Banjarnegara tewas tenggelam di kolam renang wisata di Purbalingga, Minggu (2/1/). (Foto: dok. Humas Polres Purbalingga)
Purbalingga - Seorang anak laki-laki berinisial H (7) tewas tenggelam di kolam Agro Wisata Desa Cipawon, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, kemarin siang. Belakangan terungkap, kolam tersebut ternyata belum berizin.

"Itu belum mengajukan, lagi berproses tapi belum (keluar izin) mbangun dulu loh. Ini tim dari Dinporapar sudah kesana, paling tidak dibina lagi Sapta pesonanya, keamanannya juga," ujar Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, Prayitno, kepada detikcom, Senin (3/1/2022).

Prayit menyebut, perizinan dikeluarkan oleh Dinas Penamaan Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Sementara pihaknya hanya memantau dari akses One Stop Service (OSS).

"Kalau kami lebih ke teknis pembinaan dan kami sudah mengecek ke akses OSS memang belum muncul izin, mestinya kalo belum berizin belum boleh beroperasi," ujarnya.

Dimintai konfirmasi secara terpisah, Wakapolres Purbalingga Kompol Pujiono menyampaikan, saat ini penyelidikan masih berjalan. Lima orang diperiksa terkait adanya kejadian itu.

"Termasuk pemilik tempat wisata dan saksi diperiksa, jumlahnya lima orang untuk dimintai keterangan," kata Pujiono.

Menurutnya, fokus kepolisian dalam kasus ini adalah mengidentifikasi terkait adanya potensi kelalaian. Pihaknya juga akan mendalami keterangan saksi terkait perizinan.

"Fokus kami pada kelalaian, karena ini kaitannya dengan menghilangkan nyawa manusia kami akan fokus di sana," ujarnya

Pujiono mengaku tengah mengusut unsur pidana dalam kasus ini. "Tentu jika nanti hasil pemeriksaan kami menemukan hal itu(kelalaian) maka tidak menutup kemungkinan maka dijerat pasal pidana," tutupnya. (aku/ams)