Satgas Periksa Keluarga Pekerja Migran yang Positif COVID-19 di Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Senin, 03 Jan 2022 13:48 WIB
Bupati Klaten, Sri Mulyani, Senin (3/1/2021).
Bupati Klaten, Sri Mulyani, Senin (3/1/2021). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten memeriksa keluarga seorang pekerja migran yang dinyatakan positif COVID-19 dan diisolasi di Asrama Haji Donohudan. Namun sejauh ini belum diketahui varian virus yang menjangkiti pekerja migran tersebut.

"Belum, belum keluar dari laboratorium di Salatiga. Kita sudah labkan di sana," ungkap Bupati Klaten, Sri Mulyani, pada wartawan di Pemkab Klaten, Senin (3/1/2022).

Mulyani menjelaskan saat ini Satgas masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium pasien tersebut. Sedangkan Satgas melalui Dinas Kesehatan juga sudah memeriksa kesehatan keluarganya.

"Keluarga yang kemarin kontak erat, hari ini sudah kita periksa kesehatannya. Tinggal menunggu hasilnya juga," sambung Mulyani.

"Yang bersangkutan PMI (Pekerja Migran Indonesia), pekerja migran. Tapi dari negara mana lebih jelasnya di Dinas Kesehatan," lanjut dia.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Klaten dokter Cahyono Widodo menambahkan ada empat orang berkaitan pekerja migran yang positif COVID-19. Empat orang itu berasal dari keluarga.

"Iya ada empat orang yang diperiksa, mereka yang kontak erat. Secara umum kondisinya baik," ujar Cahyono pada detikcom.

Dia menjelaskan meski keluarga sudah diperiksa tetapi yang bersangkutan masih diisolasi dengan kondisi baik. Dinas masih menunggu hasil screening sampel dari laboratorium.

"Kita sudah ambil sampel pasien untuk proses screen, untuk menentukan virus apa. Kita sudah kirim ke balai besar penelitian dan pengembangan vektor dan reservoir penyakit (B2P2VRP) di Salatiga," ucap Cahyono.

Sebelumnya diberitakan, setelah sempat nihil kasus COVID-19, muncul satu kasus positif Corona di Klaten, Jawa Tengah. Satu kasus Corona ini ditemukan dari seorang pekerja migran yang selama ini bekerja di salah satu negara Asia Tengah.

"Ya ada satu kasus terkonfirmasi positif Kamis (30/12) malam. Satu orang itu profesinya pekerja migran," ungkap Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten dokter Cahyono Widodo saat ditemui di kantornya, Jumat (31/12).

Cahyono mengatakan pekerja migran tersebut pulang, dan dari hasil screening dinyatakan positif Corona. Saat ini dia diisolasi di isolasi terpusat asrama haji Donohudan, Boyolali.

Lihat juga video 'Fakta-fakta Temuan 2 Kasus Transmisi Lokal Omicron di Surabaya':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/ams)