Kasus Corona di Klaten Muncul Lagi, 1 Pekerja Migran Diisolasi

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 13:27 WIB
Corona Viruses against Dark Background
Ilustrasi virus Corona (Foto: Getty Images/loops7)
Klaten -

Setelah sempat nihil kasus COVID-19, muncul satu kasus positif Corona di Klaten, Jawa Tengah. Satu kasus Corona ini ditemukan dari seorang pekerja migran yang pulang ke Klaten.

"Ya ada satu kasus terkonfirmasi positif Kamis (30/12) malam. Satu orang itu profesinya pekerja migran," ungkap Koordinator Penanganan Kesehatan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten dokter Cahyono Widodo saat ditemui di kantornya, Jumat (31/12/2021).

Cahyono mengatakan pekerja migran tersebut pulang, dan dari hasil screening dinyatakan positif COVID-19. Saat ini dia diisolasi di Boyolali.

"Dari pemeriksaan dinyatakan positif COVID-19. Saat ini yang bersangkutan diisolasi di Asrama Haji Donohudan, Boyolali," sebut Cahyono.

Cahyo mengatakan pekerja migran tersebut berasal dari wilayah Kecamatan Klaten Utara. Yang bersangkutan bekerja di salah satu negara di Asia Tengah.

"Warga Kecamatan Klaten Utara tapi bekerja di negara Asia Tengah. Yang bersangkutan berjenis kelamin laki-laki," terang Cahyono.

Cahyono mengatakan yang bersangkutan sudah menjalani pemeriksaan, dengan kondisi secara umum baik. Satgas saat ini masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium.

"Secara umum kondisi baik tapi kita masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium. Kasus ini kita pantau dan dikoordinasikan berjenjang ke pusat," imbuh Cahyono.

Cahyono masih enggan menyebutkan varian apa yang menjangkiti yang bersangkutan. Alasannya masih menunggu pemeriksaan laboratorium.

"Kita belum tahu varian apa, masih menunggu hasil laboratorium. Yang bersangkutan sempat pulang, ini terus kita pantau," tambah Cahyono.

Penambahan kasus terkonfirmasi baru itu, lanjut Cahyono, berasal dari tes PCR. Pekerja migran tersebut terpapar pada saat berada di luar daerah.

"Jadi terpapar di luar. Dengan demikian, jumlah kasus kumulatif di Klaten sebanyak 34.834 kasus. Dari jumlah tersebut 1 menjalani perawatan/ isolasi, 31.910 sembuh dan 2.923 meninggal dunia," tutur Cahyono.

Terpisah, Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo membenarkan ada penambahan kasus baru Corona tersebut. Jumlahnya hanya satu orang.

"Ya kemarin ada satu. Malam Tahun Baru saya imbau tidak ada yang berkerumun agar tidak terjadi risiko kasus COVID lagi," kata kata Eko di Mapolres.

Sebelumnya diberitakan, pertama kali selama masa pandemi, Kabupaten Klaten nol kasus aktif virus Corona atau COVID-19 pada Rabu (27/12) lalu. Sejak awal pandemi hingga Rabu (27/12) tercatat total 34.833 kasus Corona di Klaten.

"Ya betul, hari ini nol kasus aktif. Nol kasus sejak awal pandemi," ungkap Plh Sekda Klaten Roni Roekmito kepada detikcom, Senin (27/12).

"Itu setelah satu penderita COVID-19 asal Kecamatan Klaten Utara dinyatakan sembuh hari ini," lanjutnya.

(ams/sip)