ADVERTISEMENT

Usut Kebakaran RSUP dr Kariadi Semarang, Polisi Periksa 7 Saksi

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 17:25 WIB
Gedung Kasuari RSUP Kariadi Semarang dipasangi garis polisi, Jumat (31/12/2021).
Gedung Kasuari RSUP Kariadi Semarang dipasangi garis polisi, Jumat (31/12/2021). (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Semarang -

Polisi masih mengusut penyebab kebakaran di ruang magnetic resonance imaging (MRI) di RSUP dr Kariadi Semarang, Jawa Tengah. Total ada tujuh saksi yang dimintai keterangan.

"Untuk kerugian belum dapat dipastikan. Sementara untuk tujuh orang saksi masih menjalani pemeriksaan," kata Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Dony Sardo Lombantoruan kepada wartawan di Mapolrestabes Semarang, Jumat (31/12/2021).

Kalabfor Polda Jateng, Kombes Slamet Iswanto, menambahkan timnya dan Inafis Polrestabes Semarang sudah mendatangi lokasi kebakaran. Tim juga sudah mengambil beberapa barang bukti untuk diteliti di laboratorium.

"Kita bawa barang bukti yang dicurigai dan semua alat yang berhubungan yang akan kita analisa. Ada abu dan arang juga untuk tahu apakah ada zat lain," kata Slamet.

Slamet menerangkan kebakaran itu diduga akibat korsleting listrik di setop kontak mesin MRI. Peristiwa itu diawali saat terdengar suara gemericik dan asap saat mesin itu digunakan untuk memeriksa seorang pasien pada Kamis (30/12) pukul 18.20 WIB. Api pun dengan cepat merembet karena dinding di ruangan itu dilapisi bahan peredam suara.

"Ada kegagalan dalam sistem kelistrikan di ruangan itu entah karena binatang atau atau apa. Ditemukan adanya konsleting atau hubungan singkat listrik di stop kontak. Dindingnya terbuat dari partisi glass wool untuk meredam suara," jelas Slamet.

Untuk diketahui, kebakaran itu terjadi di ruang MRI RSUP dr Kariadi Semarang kemarin malam. Gedung tersebut bagian dari Gedung Kasuari namun terpisah dan hanya terhubung dengan lorong.

Ada 50 pasien yang dievakuasi saat kejadian. Dan pelayanan di gedung Kasuari hari ini dialihkan semua ke Gedung Garuda. Diperkirakan hari Senin (3/1/2022) mendatang pelayanan Gedung Kasuari sudah bisa berjalan normal.

Simak Video 'Garis Polisi Melingkar di Gedung Kasuari RSUP Kariadi Semarang Usai Kebakaran':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT