Polisi Ungkap Detik-detik Kebakaran RSUP Kariadi Semarang

ADVERTISEMENT

Polisi Ungkap Detik-detik Kebakaran RSUP Kariadi Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Jumat, 31 Des 2021 16:57 WIB
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi
Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Semarang -

Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi mengungkap detik-detik kebakaran di RSUP dr Kariadi, Semarang. Saat kejadian, di ruang magnetic resonance imaging (MRI) tengah ada pemeriksaan pasien.

"Di ruangan saat MRI dilakukan pemeriksaan seorang pasien pukul 18.20 WIB. Ditemukan tanda-tanda korsleting listrik," kata Luthfi di Mapolda Jateng, Jumat (31/12/2021).

Hal tersebut terungkap dari hasil sementara penyelidikan polisi. Pasien tersebut selamat karena langsung dievakuasi sebelum api membara.

Sementara itu, Kalabfor Polda Jateng Kombes Slamet Iswanto menjelaskan korsleting terjadi di stop kontak ruang MRI. Api kemudian membakar dinding berlapis bahan glass wool untuk peredam suara.

"Jadi pada saat terjadinya kebakaran itu kebetulan sedang ada pasien yang dilakukan pemeriksaan. Saat dioperasikan terjadi gemercik disertai asap. Pasien selamat karena langsung dievakuasi sebelum terjadi kebakaran," jelas Slamet.

Tim Labfor Polda Jateng dan Inafis Polrestabes Semarang sudah mendatangi lokasi dan mengambil beberapa barang bukti untuk diteliti di laboratorium.

Untuk diketahui, kebakaran di ruang MRI RSUP dr Kariadi Semarang sekitar pukul 19.00 WIB, Kamis (30/12) malam. Gedung tersebut bagian dari gedung Kasuari namun terpisah dan hanya terhubung dengan lorong. Api tidak sampai ke gedung utama yang terdapat pasien menginap. Meski demikian evakuasi tetap dilakukan terhadap 50 orang pasien dan dialihkan ke gedung Garuda.

Simak Video 'Garis Polisi Melingkar di Gedung Kasuari RSUP Kariadi Semarang Usai Kebakaran':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/rih)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT