Detik-detik Evakuasi Harimau yang Lompat ke Atap Kandang di Banjarnegara

Uje Hartono - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 10:57 WIB
Harimau benggala di Serulingmas Zoo Banjarnegara lompat ke atap hingga nyaris keluar
Harimau benggala di Serulingmas Zoo Banjarnegara lompat ke atap hingga nyaris keluar (Foto: dok. Serulingmas Zoo)
Banjarnegara -

Pengunjung dan karyawan Serulingmas Zoo di Banjarnegara Jawa Tengah dikagetkan dengan harimau benggala yang melompat ke atap kandang hingga nyaris keluar. Begini detik-detik evakuasi harimau jantan bernama Restaji itu.

Peristiwa tidak biasa ini terjadi di Serulingmas Zoo, Sabtu (25/12) pukul 13.15 WIB. Pengelola kebun binatang menyebut harimau benggala itu mulanya melompat ke pagar dan saat petugas mengayunkan kayu agar harimau itu turun, mamalia itu justru melompat lebih tinggi ke atap kandang setinggi 5 meter.

"Awalnya harimau benggala ini lompat ke pagar. Nah pas petugas mendorong harimau dengan tongkat agar kembali turun, malah melompat naik ke atap kandang," terang tim marketing Serulingmas Zoo Nur Rohmah saat dihubungi detikcom, Minggu (26/12/2021).

Nur menyebut petugas langsung menyiapkan bius tulup dan obor untuk mencegah harimau turun keluar kandang. Selain itu, juga disiapkan jaring untuk mengantisipasi jika melompat keluar kandang.

"Perawat satwa langsung menyiapkan alat-alat evakuasi darurat. Seperti jaring, obor dan tulup bius. Sementara petugas lain mengevakuasi pengunjung untuk ke luar dari objek wisata," kata dia.

Upaya evakuasi petugas pun membuahkan hasil. Setelah sekitar satu jam di atap kandang, harimau tersebut akhirnya kembali turun ke kandang.

"Pas mau melompat, harimau kepleset kemudian jatuh ke kubangan air yang ada di kandang sekitar pukul 14.20 WIB. Jadi tidak sampai membuat harimau tersebut cedera," ujarnya.

Nur menyebut peristiwa harimau melompat ke atap kandang hingga nyaris keluar ini merupakan peristiwa pertama kali sejak kebun binatang ini berdiri. "Kami melakukan evaluasi kembali. Ini baru pertama selama 23 tahun kebun binatang ini berdiri," terang dia.

Nur menyebut Restaji berusia dua tahun dan merupakan salah satu dari 7 harimau benggala di Serulingmas Zoo. Dia menyebut selama libur Natal dan Tahun Baru pihaknya tetap buka.

"Jumlah keseluruhan untuk harimau benggala di sini ada 7 ekor. Saat ini untuk libur Natal dan Tahun Baru tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan," tambahnya.

Lihat juga video 'Harimau Siberia Muncul Tak Diduga di Jalan Raya':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/ams)