Pipa yang Diterjang Lahar Merapi Diperbaiki, Pasokan Air 7.000 Warga Pulih

ADVERTISEMENT

Pipa yang Diterjang Lahar Merapi Diperbaiki, Pasokan Air 7.000 Warga Pulih

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 24 Des 2021 11:51 WIB
Warga lereng Gunung Merapi memperbaiki pipa dan memasang bronjong baja di Sungai Bebeng, Klaten, Jumat (24/12/2021).
Warga lereng Gunung Merapi memperbaiki pipa dan memasang bronjong baja di Sungai Bebeng, Klaten, Jumat (24/12/2021). (Foto: dok Jenarto/warga-relawan Desa Sidorejo)

Sedangkan menurut Kaur Perencanaan Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Jainu, pengerukan dan penyambungan pipa sudah selesai dan air sudah mengalir. Namun dia mengungkap hingga saat ini masih ada kegiatan penguatan.

"Sudah mengalir ke empat desa. Tapi pekerjaan belum selesai, kita masih kegiatan di Bebeng untuk penguatan dengan pemasangan bronjong kawat agar jika ada banjir Merapi pipa yang kita pasang aman," terang Jainu saat dihubungi detikcom, hari ini.

Diberitakan sebelumnya, sekitar 10.000 jiwa warga desa di kawasan rawan bencana (KRB) 3 Gunung Merapi krisis air bersih. Penyebabnya pasokan air bersih dari mata air Bebeng, Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY putus diterjang banjir lahar hujan.

"Hasil rapat tadi malam di Desa Glagaharjo, Sleman bahwa untuk Klaten terdampak banjir lahar dingin karena pipa air bersih rusak. Ada 10.000 jiwa terdampak," ungkap Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Pemkab Klaten, Rujedi, Jumat (3/12).


(sip/sip)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT