Mau Mudik ke Pekalongan? Siap-siap Kendaraan-Rumah Ditempeli Stiker

Robby Bernardi - detikNews
Kamis, 23 Des 2021 13:04 WIB
Rumah dan kendaraan pemudik di Kabupaten Pekalongan bakal dipasangi stiker, Kamis (23/12/2021).
Rumah dan kendaraan pemudik di Kabupaten Pekalongan bakal dipasangi stiker, Kamis (23/12/2021). (Foto: Robby Bernardi/detikcom)
Kabupaten Pekalongan -

Mobil dan rumah pemudik selama Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah bakal ditempeli stiker. Polres Pekalongan menyampaikan penempelan stiker ini bertujuan untuk memudahkan pemetaan mobilisasi warga pemudik.

"Ya (rumah dan mobil pemudik) akan kami tandai, kami sudah cetak striker, kemarin saya tambahin cetak striker sekitar 3 ribu, untuk kendaraan maupun rumah tujuan pemudik," ujar Kapolres Pekalongan, AKBP Arief Fajar Satria, kepada wartawan usal Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2021 di halaman kantornya, Kamis (23/12/2021).

Stiker untuk rumah-rumah tujuan pemudik akan tertera data pemudik, status vaksinasi, tes rapid dan tanggal datang dan pergi. Langkah tersebut, sudah dilakukan sejak Jumat (17/12).

Sebab, lanjut Arie, beberapa pemudik sudah terpantau datang di antaranya di wilayah Kajen dan Kedungwuni.

"Pemasangan stiker bagi pemudik sebagai upaya kita melakukan mapping dan juga sebagai pengendalian pencegahan COVID-19, pada stiker yang kita pasang di rumah tentunya sebagai sistem kontrol warga luar wilayah yang melakukan mudik di Kabupaten Pekalongan, dengan pengecekan kartu vaksin, hasil swab dan pemberian sosialisasi terkait protokol kesehatan," katanya.

Simak video 'Polri: 70% Masyarakat Ingin Mudik saat Libur Nataru!':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)