Antisipasi Gibran Usai Varian Omicron Masuk ke Indonesia

Ari Purnomo - detikNews
Sabtu, 18 Des 2021 21:16 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyiapkan langkah antisipasi menyusul terdeteksinya COVID-19 varian Omicron di Indonesia. Gibran tidak ingin kejadian seperti saat varian Delta kembali terjadi di Kota Solo.

"(Pengawasan) Sama seperti saat Delta kemarin, yang membedakan sekarang peralatan sudah siap semua. Warga juga sudah aware (sadar) menghadapi pandemi," kata Gibran kepada wartawan, Sabtu (18/12/2021).

Gibran menyebut persiapan yang dilakukan oleh Pemkot Solo sudah paling siap dibandingkan yang lainnya.

"Mungkin paling siap kita, dulu kan (saat Delta) vaksinasinya juga belum tinggi, kelangkaan obat, kelangkaan oksigen," sebutnya.

Selain masalah obat-obatan, Gibran mengatakan penyiapan tempat isolasi terpusat (isoter) juga sudah dilakukan. Termasuk juga untuk rumah sakit darurat yang mungkin diperlukan ketika tingkat penyebaran virus semakin tinggi.

"Tetap kita siapkan, ya ini semua tetap standby, rumah sakit darurat tetap standby sama seperti kemarin. Ada lonjakan kita siapkan isoter sudah itu aja," paparnya.

Bagi warga yang terdeteksi virus Corona juga diwajibkan untuk tinggal di isoter. Dengan begitu, kondisi pasien akan lebih terpantau dan tingkat kesembuhan juga akan lebih tinggi.

"Ya wajib (isoter), semuanya kan harus (isoter), kalau sudah parah seperti kemarin kita sediakan tempat isoter, kita jemput satu-satu," urainya.

Meski diakui tingkat penyebarannya lebih cepat, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu meminta warga agar tetap tenang. Dirinya pun tidak akan melakukan pembatasan aktivitas masyarakat.

"Silakan (beraktivitas) seperti biasa saja, tapi memang masih banyak keterbatasan lah," imbuhnya.

(rih/rih)