Pinjol Ilegal Masih Gentayangan di Solo, Gibran Kebanjiran Laporan

Ari Purnomo - detikNews
Kamis, 16 Des 2021 15:07 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku bahwa setiap hari masih ada laporan warga soal kasus pinjaman online (pinjol) ilegal. Gibran pun berkoordinasi dengan polisi untuk menindaklanjuti laporan yang diterimanya dari korban pinjol ilegal itu.

"Setiap hari ada yang laporan soal pinjol (ilegal)," kata Gibran kepada wartawan di sela acara peresmian Cyber Security Hub di Solo Techno Park (STP), Kamis (16/12/2021).

Laporan itu diterimanya meskipun beberapa waktu lalu sudah ada pemberantasan pinjol ilegal oleh polisi. Menurutnya, tidak sedikit warga yang awalnya tidak mengetahui apa-apa tetapi juga menjadi korban pinjol.

"Sejak dulu sudah banyak, sebagian besar sudah di-handle Pak Kapolres (Kapolresta Solo), masuknya cyber crime," jelasnya.

"Datanya (warga) digunakan, tahu-tahu dapat tagihan. Saya sering dapat laporan itu di ULAS (Unit Layanan Aduan Surakarta) juga di IG (Instagram) banyak banget," ucapnya.

Terkait dengan pinjol, Gibran mengatakan sudah sering menyampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Mulai dari regulasi hingga proteksi bagi para peminjamnya.

Gibran menilai kurangnya edukasi warga juga bisa menjadi penyebabnya. Seperti pemahaman warga mengenai pinjol resmi dan juga tidak resmi.

"Kalau pinjol itu kadang dari warga kurang edukasi juga yang resmi dan tidak resmi. Edukasi itu tugasnya OJK," ucapnya.

Gibran pun mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dengan tawaran pinjol. Sebaiknya, warga memanfaatkan pinjaman dari bank resmi yang saat ini menawarkan bunga yang cukup rendah.

(rih/mbr)