ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Kisah Dramatis Penyelamatan Pendaki WN Ukraina Hilang di Merbabu

Ragil Ajiyanto - detikNews
Minggu, 12 Des 2021 07:09 WIB
Penyelamatan pendaki Merbabu yang alami hipotermia, Kamis (9/12/2021).
Penyelamatan pendaki WN Ukraina. (Foto: Dokumentasi Kantor SAR Semarang)
Boyolali -

Seorang warga negara Ukraina, Mykola (60), tersesat dan hilang saat mendaki Gunung Merbabu. Saat itu cuaca buruk sedang melanda gunung di Jawa Tengah ini.

Beruntung pendaki yang sudah Lansia itu akhirnya berhasil ditemukan. Relawan Gunung Merbabu di jalur pendakian Selo, nekat melakukan pencarian di tengah hujan badai.

Mykola pun ditemukan di Blok Tulangan, dibawah simpang macan. Saat ditemukan, teknisi di Lanud Ahmad Yani Semarang itu dalam posisi jongkok, menggigil kedinginan berselimut dedaunan di bawah pohon kesowo.

"Beruntung bisa segera ditemukan, karena saat ditemukan sudah menggigil, kondisi gigi atas dan bawah sudah menyatu," kata salah seorang relawan, Salim, yang turut mencari Mykola, di kantor Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Senin (6/12).

Berikut kronologi Mykola tertinggal dari dua temannya hingga akhirnya tersesat dan sempat hilang di Gunung Merbabu.

Mykola, naik ke puncak Gunung Merbabu tidak sendirian. Namun dia mendaki bersama dua temannya yakni Dean (31) dan Alex (37).

Kepala BTNGMb, Junita Parjanti, mengatakan mereka datang dengan mengendarai dua sepeda motor. Mereka bertiga naik ke Merbabu melalui jalur Selo, Boyolali.

Awalnya tidak ada yang tahu ada orang yang mendaki lewat jalur Selo. Pasalnya, jalur itu saat ini statusnya masih ditutup.

Petugas BTNGMb curiga ketika sampai di kantor Resort Selo, melihat ada dua sepeda motor yang parkir di halaman kantor.

Ternyata ketiga pendaki asal Ukraina itu tiba di kantor Resort Selo BTNGMb kurang dari pukul 06.00 WIB, Sabtu (4/12). Saat itu kantor masih tutup.

"Petugas datang pukul 06.30 WIB dan melihat ada dua sepeda motor yang parkir di kantor resort," kata Junita Parjanti, Minggu (5/12).

Kemudian petugas memeriksa rekaman CCTV di kantor resort dan diketahui ada tiga warga negara asing yang naik ke Merbabu.

"Petugas menunggui mereka di Pos (Kantor Resort Selo) sampai mereka turun," jelas Junita.

Ketiga warga Ukraina itu melakukan pendakian secara ilegal. Mereka naik tanpa izin dan jalur Selo juga masih ditutup untuk pendakian.

Junita menyebut para pendaki itu nekat. Mykola, Dean dan Alex rupanya mendaki hingga puncak Merbabu tanpa membawa bekal atau logistik yang memadai untuk kegiatan pendakian gunung.

"Hanya air minum," katanya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...

Simak juga Video: Pencarian Korban Erupsi Semeru Hari Ketujuh, Tim SAR Temukan 3 Jenazah

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT