Kronologi Terungkapnya Kasus Video Mesum Pelajar di Salatiga

Wahyu Turi Krisanti - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 18:42 WIB
Polisi menunjukkan barang bukti kasus video mesum dua pelajar di Salatiga, Jumat (9/12/2021).
Polisi menunjukkan barang bukti kasus video mesum dua pelajar di Salatiga, Jumat (9/12/2021). Foto: Wahyu Turi Krisanti/detikcom
Salatiga -

Usai gempar dengan beredarnya video mesum dua orang diduga pelajar di Salatiga, polisi akhirnya menetapkan satu orang tersangka yang menjadi perekam video tersebut. Polres Salatiga, Jawa Tengah, menjelaskan kronologi pengungkapan peristiwa itu.

- 24 November 2021
Kejadian asusila tersebut dilakukan pada 24 November 2021 lalu sekitar pukul 14.00-16.00 WIB. Berawal saat kedua pemeran dalam video tersebut yaitu laki-laki dan perempuan singgah dan duduk di lantai dua salah satu warung yang berlokasi di Jalan Lingkar Selatan wilayah Kecamatan Sedorejo, Salatiga.

"Pemeran duduk di atas, datanglah tersangka dan teman-temannya bergabung di situ. Karena ramai, pemeran pindah ke lantai bawah. Di lantai bawah pemeran melakukan hal tersebut kemudian direkam oleh tersangka melalui celah lantai kayu," kata Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana di kantornya, Kamis (9/12/2021).

- 25 November 2021
Ia menjelaskan, pihak kepolisian mengetahui hal tersebut berawal ketika petugas Satreskrim Polres Salatiga melaksanakan patrol siber pada hari Kamis (25/11) yang mendapatkan link. Di mana dalam link tersebut terdapat dua screenshot yang memperlihatkan adanya seorang laki-laki dan perempuan yang diduga sedang melakukan tindak asusila di sebuah warung makan yang diduga terletak di Jalan Lingkar Salatiga.

Melihat dari pakaian yang dikenakan oleh kedua orang tersebut diduga merupakan pelajar dari sekolah di Kota Salatiga. Lebih lanjut, anggota selaku pelapor bersama tim melakukan penyelidikan untuk mengetahui kebenaran dari screenshot yang didapatkan.

- 29 November 2021
Kemudian pada hari Senin (29/11) sekitar pukul 13.00 WIB, pelapor bersama tim mendatangi seorang perempuan berusia 16 tahun di rumahnya di Kota Salatiga.

Setelah melakukan interogasi pada saat itu juga yang disaksikan oleh keluarganya, polisi mendapat hasil ABG itu mengakui telah merekam aksi asusila dan menyebarkan kepada teman-temannya melalui WhatsApp. Video asusila tersebut dengan cepat beredar hanya dalam waktu 1x24 jam melalui WhatsApp.

"Kepolisian menemukan tersangka dan mendatangi rumahnya, saat didatangi dan diinterogasi tersangka yang merekam tidak menolak dan mengakui perbuatannya, cukup kooperatif," ujar Indra.

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu handphone yang digunakan untuk merekam perbuatan asusila tersebut. Selanjutnya ABG beserta barang bukti itu dibawa ke kantor Polres Salatiga guna pemeriksaan lebih lanjut.

Indra juga menjelaskan antara tersangka dengan pemeran video tersebut tidak saling mengenal dan tidak ada tendensi apapun.

"Antara tersangka dengan pemeran video ini tidak ada faktor permusuhan secara pribadi, apa yang dilakukan hanyalah spontan," terang Indra.

Melalui kejadian ini, Indra mengingatkan kita agar bijak dalam penggunaan alat komunikasi dan media sosial.

"Perkara ini menjadikan pembelajaran bagi semuanya untuk menggunakan alat komunikasi," tegasnya.

Simak Video: Viral Aksi Mesum Pelajar di Tasikmalaya, KPAI Dalami Motifnya!

[Gambas:Video 20detik]




(rih/ams)