Misteri Hilangnya Cleaning Service Dilaporkan Diculik di Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 08:40 WIB
Ilustrasi Orang Hilang
Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Semarang -

Seorang pemuda yang bekerja sebagai cleaning service di Semarang, BP (20) yang dilaporkan keluarganya hilang diduga disekap masih misterius. Pihak keluarga sempat mendapat ancaman dan juga permintaan tebusan Rp 2,6 juta.

Pemuda asal Demak itu tidak kembali ke rumah sejak 17 November 2021 setelah sebelumnya pamit bekerja dari sebuah tempat karaoke di Kota Semarang. Pihak keluarga sudah membuat laporan orang hilang di Polsek Mranggen, Demak.

Sepekan kemudian, ada nomor asing yang menelpon kakak perempuan BP. Dalam. Pembicaraan itu diketahui BP ada di suatu tempat. Pria yang ada di ujung telepon meminta uang Rp 2,6 juta demi menjamin keselamatan BP.

"Minta itu minta transfer Rp 2,6 juta. Saya tanya ada masalah apa? 'Pokoknya saya masih menjamin keselamatan adek, kalau tidak ya tidak jamin', " ujar kakak BP, Fai, Selasa (7/12/2021).

Keluarga sempat meminta bukti video call dan kemudian ada video yang dikirim oleh penelepon. Dalam video itu terlihat BP diminta tersenyum. Komunikasi telepon juga sempat terjadi dan BP yang berbicara, ia meminta tolong agar permintaan yang itu segera dipenuhi.

Keluarga Kirim Uang Tebusan

Pihak keluarga yang berlatar sederhana tersebut kesulitan mencari uang sejumlah itu. Kemudian dilakukan negosiasi beberapa kali dan disepakati Rp 1,5 juta.

"Transfer itu tanggal 27 November, waktu itu adanya bentuknya masih receh. Ditukar-tukar masukan ATM. Setelah ada bukti transfer, bilang oke," ujarnya.

Namun sayangnya, setelah uang tersebut ditransfer tidak ada lagi komunikasi dari nomor tersebut, bahkan tidak bisa dihubungi. Keluarga pun tidak tahu kondisi BP sekarang.

"Sampai sekarang belum ada kabar," katanya.

TKP Diduga di Semarang

Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan keluarga sebelumnya telah diarahkan oleh Polsek Mranggen untuk ke Polrestabes Semarang karena dugaan lokasi hilangnya BP ada di Semarang. Namun ia menegaskan tidak ada penolakan laporan.

"Memang TKP diduga di Semarang. Keluarga sudah membuat laporan orang hilang. Tidak ada penolakan laporan, tapi diarahkan," kata Iqbal saat berada di Salatiga, Rabu (8/12/2021).

"Hari ini Polres Demak kerjasama dengan Polrestabes Semarang juga dengan Dit Krimum untuk backup. Upaya dan langkah Polres sudah dilakukan," imbuhnya.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang AKBP Donny Sardo Lumbantoruan menambahkan pihaknya tetap melakukan penyelidikan meski belum ada laporan resmi dari keluarga ke Polrestabes Semarang.

"Masih penyelidikan, sejauh ini keluarga belum melapor ke Polrestabes. Info yang kami terima keluarga membuat laporan orang hilang di Polsek Mranggen," kata Donny.

Simak Video 'Heboh Cleaning Service di Demak Diculik, Keluarga Lapor Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(alg/sip)