Tampil Beda, Gibran Kenakan Kalung Berbandul Replika Rajamala

Ari Purnomo - detikNews
Rabu, 08 Des 2021 16:24 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengenakan kalung berbandul replika rajamala, Rabu (8/12/2021).
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengenakan kalung berbandul replika rajamala, Rabu (8/12/2021). Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Penampilan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hari ini terlihat sedikit berbeda di banding hari sebelumnya. Kali ini Gibran tampak mengenakan kalung berbandul replika tokoh wayang Rajamala.

Seperti saat menghadiri acara Musyawarah Antar-Air Minum Nasional (Mapamnas) ke XIV yang digelar Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) di The Sunan Hotel, Solo.

"Ini nglarisi UMKM buatan UMKM Solo, mas Gogon. Yang bikin wayang, harganya Rp 35 ribu," ungkap Gibran kepada wartawan di Balai Kota Solo, Rabu (8/12/2021).

Dia menampik jika kalung yang menjuntai hingga ke dada itu sebagai tolak bala atau semacamnya. Menurutnya, dia memakai kalung itu semata-mata demi ikut memasarkan hasil karya UMKM dari Solo. Dengan begitu, maka karya UMKM bisa lebih dikenal masyarakat dan mendongkrak penjualannya.

"Rajamala untuk souvenir tamu bisa. Makanya saya ramaikan dulu, di-share di medsos mas Gibran nanti tak promosikan," janjinya.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengenakan kalung berbandul replika rajamala, Rabu (8/12/2021).Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengenakan kalung berbandul replika rajamala, Rabu (8/12/2021). (Foto: Ari Purnomo/detikcom)

Gibran Juga Beli Batik Solo

Selain kalung tersebut, Gibran juga sering membeli batik dari pengrajin di Solo. Selain dipakai sendiri, batik-batik tersebut juga digunakan untuk kenang-kenangan jika nantinya ada tamu yang berkunjung.

"Sengaja UMKM batik kami beli, semua suka batik-batik. Makanan-makanan tolak bala atau apa pun, mengangkat citra UMKM. Kalau batik saya jahit sendiri, kalau ada tamu kepala daerah yang berkunjung saya belikan sendiri," imbuhnya.

(rih/sip)