Pipa Putus Diterjang Lahar, 10 Ribu Warga KRB Merapi Klaten Krisis Air

ADVERTISEMENT

Pipa Putus Diterjang Lahar, 10 Ribu Warga KRB Merapi Klaten Krisis Air

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 11:32 WIB
Bangunan dan sejumlah truk proyek Sabo Dam Merapi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tersapu banjir lahar hujan.
Ilustrasi banjir lahar dingin di Gunung Merapi (Foto: Eko Susanto)
Klaten -

Sebanyak 10.000 jiwa warga desa di kawasan rawan bencana (KRB) 3 Gunung Merapi di Klaten, Jawa Tengah, krisis air bersih. Penyebabnya pasokan air bersih dari mata air Bebeng, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Diaerah Istimewa Yogyakarta (DIY) putus diterjang lahar dingin.

"Hasil rapat tadi malam di Desa Glagaharjo, Sleman bahwa untuk Klaten terdampak banjir lahar dingin karena pipa air bersih rusak. Dampak di Klaten ada 10.000 jiwa terdampak," ungkap Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Pemkab Klaten, Rujedi, kepada detikcom di sela sarasehan pengurangan risiko bencana di pendopo Pemkab Klaten, Jumat (3/12/2021).

Menurut Rujedi, jumlah jiwa yang kesulitan air bersih itu ada di tiga desa Kecamatan Kemalang. Meliputi Desa Balerante, Sidorejo dan Panggang.

"Tiga Desa meliputi Desa Balerante, Sidorejo dan Panggang. Saya sudah laporan ke kepala pelaksana BPBD untuk penanganan sementara," jelas Rujedi.

Rencana penanganan sementara, imbuh Rujedi, diusulkan pembelian pipa paralon dan gotong royong pembersihan. Paralon sudah lepas di titik sungai.

"Lepasnya di sungai Bebeng tapi akan dirapatkan dulu karena lokasi di Kabupaten Sleman tapi yang banyak menggunakan air warga Klaten," terang Rujedi.

Kaur Perencanaan Desa Balerante, Jainu, mengatakan banjir terjadi tanggal 1 Desember 2021 sekitar pukul 16.00 WIB. Banjir tersebut merusak pipa paralon air minum dari mata air Bebeng yang melewati sungai.

"Banjir cukup besar yang sebelumnya tidak pernah terjadi di Sungai Bebeng. Karena banyak longsor dan menutup sungai menjadi banjir melewati pipa," sebut Jainu pada wartawan.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT