Diguyur Hujan, Tebing di KRB Gunung Merapi Klaten Longsor

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 20:05 WIB
Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Foto: Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Klaten -

Hujan deras berjam-jam menyebabkan tebing di beberapa titik di desa Kawasan Rawan Bencana (KRB) Gunung Merapi di Klaten longsor. Titik longsor dilaporkan terjadi di Desa Tegalmulyo dan Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah.

"Titik sementara longsor di Dusun Pajegan tiga titik, Dusun Grintingan ada beberapa titik. Ada rumah pak Marno yang hampir ikut longsor," ungkap Koordinator Organisasi Pengurangan Risiko Bencana (OPRB) Desa Tegalmulyo, Subur, saat dihubungi detikcom, Rabu (1/12/2021).

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 17.00 WIB sore ini. Subur menerangkan dampak longsor ada yang sampai menutup akses jalan.

"Sama jalan yang letter S tertutup sehingga akses ke atas nyaris tertutup. Yang di dekat embung juga ada satu titik di Dusun Genengsari," imbuh Subur.

Akses jalan yang tertutup longsor dilaporkan juga ada di Dusun Jamuran. Demikian juga Dusun Brajan.

"Akses jalan Brajan ke Tegalrejo tidak bisa dilalui roda 4 maupun roda 2. Badan jalan tertutup tebing yang longsor," tambah Subur.

Sukiman, warga Dusun Deles, Desa Sidorejo, menjelaskan hujan berlangsung sekitar tiga jam di kawasan puncak. Kemudian dilaporkan banyak terjadi longsor.

"Hujan sekitar tiga jam. Banyak jugrugan (longsoran kecil), jalur ke Tegalmulyo dari Deles mobil tidak bisa, sepanjang jalan barat rumah talut longsor," ungkap Sukiman pada detikcom.

Terpisah, Sekretaris BPBD Pemkab Klaten, Nur Cahyono, mengatakan laporan sementara ada tiga titik longsor di Desa Tegalmulyo. Meski begitu, tidak ada laporan korban jiwa atau luka.

"Ada tiga titik di Desa Tegalmulyo, mulai Dusun Pajegan, Grintingan dan Genengsari. Kita sedang melakukan asesmen ke lokasi dan data belum semua masuk," ucap Nur pada detikcom.

Selain longsor di permukiman, ada laporan longsor di tebing Sungai Woro. Banjir material di sungai teratas itu sudah melewati Dam Karangbutan.

"Informasinya sampai Dam Karangbutan karena memang hujan durasinya cukup lama, di bawah hujan ringan tapi di atas deras. Longsor dilaporkan tebing tapi tidak ada korban," sambung Nur Cahyono.

Terpisah, Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Pemkab Klaten, Rujedi, mengatakan selain longsor ada laporan banjir di alur Sungai Woro.

"Ya banjir lumayan besar, saya dapat laporan dan videonya tapi masih aman. Ini kita bersama TRC segera berangkat ke atas (lokasi)," jelas Rujedi kepada detikcom.

(ams/rih)