Sopir Truk Hilang Tersapu Banjir Lahar Hujan Gunung Merapi

ADVERTISEMENT

Sopir Truk Hilang Tersapu Banjir Lahar Hujan Gunung Merapi

Eko Susanto - detikNews
Kamis, 02 Des 2021 19:59 WIB
Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, Kamis (2/12/2021).
Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun, Kamis (2/12/2021). Foto: Eko Susanto/detikcom
Magelang -

Satu unit truk dan sopirnya hanyut tersapu banjir lahar hujan Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (1/12) sore. Sopir truk, Hendri Susanto (25) warga Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, hingga sore ini belum ditemukan.

"Untuk di wilayah Kecamatan Srumbung di Sungai Bebeng mengakibatkan satu kendaraan truk bak kayu bermuatan pasir itu terkena dampak daripada banjar lahar dari Gunung Merapi.

"Sampai sekarang untuk pengemudinya belum ditemukan sehingga tadi pagi sampai dengan sore hari ini itu dilakukan pencarian," kata Kapolres Magelang AKBP Mochammad Sajarod Zakun kepada wartawan di Polres Magelang, Kamis (2/12/2021).

Saat kejadian, truk sedang mengangkut pasir di Sungai Bebeng kawasan eks Ngori, Kecamatan Srumbung. Tiba-tiba terjadi banjir lahar hujan Gunung Merapi sehingga truk hanyut terbawa arus air, sedangkan sopir truk sudah berusaha menyelamatkan diri namun diduga ikut hanyut.

"Informasi yang kami terima dari saksi-saksi di lapangan atau di tempat kejadian perkara yang bersangkutan sedang akan muat pasir galian C yang ada di lokasi. Informasi yang bersangkutan sempat menyelamatkan diri keluar dari truknya, namun sampai dengan hari ini belum ditemukan," katanya.

Upaya pencarian sopir truk itu melibatkan TNI, Polri, Basarnas, relawan peduli Merapi dan pihak lainnya. Bahkan dalam upaya pencarian korban ini juga melibatkan anjing pelacak.

"Mengingat derasnya itu menghancurkan kendaraan truk tadi. Yang baru dapat kita temukan adalah serpihan daripada mesin, ban dan aki daripada truk tersebut. Untuk bak kayunya sudah menjadi serpihan-serpihan," ujar Sajarod.

Simak video 'Penampakan Proyek Dam Magelang Diterjang Banjir Lahar Hujan Merapi':

[Gambas:Video 20detik]



(rih/ams)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT