3 Hal Istimewa Tentang Yogyakarta

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 01 Des 2021 14:58 WIB
Tugu Pal Putih Yogyakarta bebas dari kabel listrik, Rabu (16/12/2020)
Tugu Pal Putih Yogyakarta. (Foto: Agus Septiawan/detikTravel)
Yogyakarta -

Yogyakarta tak pernah sepi dari wisatawan. Sempat meredup karena diterjang pandemi Corona, saat ini setiap sudut Yogyakarta mulai kembali ramai.

Sebelum berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ada baiknya mengetahui keistimewaannya agar tak ada yang terlewatkan. Mulai dari kuliner hingga lokasi-lokasi istimewa yang sebaiknya dikunjungi saat ada di Yogyakarta.

Berikut ini 3 hal yang istimewa di Yogyakarta:

Yogyakarta, Kota Pelajar

Yogyakarta dijuluki kota pelajar. Ada banyak pilihan sekolah dan universitas terbaik yang bisa dituju untuk melanjutkan pendidikan. Ada banyak pelajar atau mahasiswa yang berdatangan dari penjuru Tanah Air untuk menimba ilmu di Yogyakarta.

Dari catatan detikcom, enam kampus baik negeri (PTN) maupun swasta (PTS) di Yogyakarta masuk dalam daftar universitas terbaik berdasarkan rilis Lembaga pemeringkat universitas Quacquarelli Symonds Asia University Rankings (QS AUR) 2022.

Enam kampus tersebut yakni sebagai berikut:

-Universitas Gadjah Mada (UGM)

-Universitas Islam Indonesia (UII)

-Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

-Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

-Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

-Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Kuliner Yogyakarta, dari yang Merakyat hingga Ningrat

Ada banyak pilihan kuliner yang bisa dicicip selama berada di Yogyakarta. Mulai dari kuliner pinggir jalan yang merakyat hingga kuliner ningrat yang biasa disantap para Raja Yogyakarta.

Tak perlu ditanya, gudeg menjadi sajian khas yang paling populer di Yogyakarta. Namun masih ada banyak lagi, kuliner yang belakangan tampak diincar yakni sate klathak yang berpusat di kawasan Jalan Imogiri Yogyakarta. Bukan sembarang sate, sate Klatak merupakan sajian potongan daging kambing muda yang ditusuk dengan besi jeruji yang membuat tekstur sate lebih empuk.

Jika sate biasanya disajikan dengan bumbu kecap, sate klatak disantap bersama kuah gulai gurih dan nasi putih. Masih ada banyak kuliner yang bisa dinikmati di Yogyakarta, di antaranya oseng-oseng mercon, ronde, dan bakpia.

Tak ketinggalan, kuliner khas sajian Keraton Yogyakarta juga bisa dinikmati masyarakat umum di Rumah Makan Bale Raos. Restoran yang masih berada dalam kompleks keraton Yogyakarta ini menyajikan hidangan khusus kegemaran raja-raja Yogyakarta sejak masa dulu. Dari websitenya baleraos.id, ada beberapa menu andalan di antaranya Puding Kakao dan Rondo Kepomo.

Yogyakarta Surga Wisata Alam dan Budaya

Ada banyak pilihan berwisata di Yogyakarta. Mulai dari wisata alam di gunung hingga pantai, dan wisata budaya yang menjadi warisan dari nenek moyang dan masih terjaga hingga saat ini.

Wisata alam yang paling tidak boleh dilewatkan yakni wisata kawasan Gunung Merapi. Ada banyak pemandangan yang bisa dinikmati mulai tentu saja pemandangan Gunung Merapi yang menakjubkan dan air terjun hingga kawasan hutan wisata yang akan memanjakan mata.

Bergeser di wilayah Yogyakarta bagian selatan, ada sederet pantai-pantai cantik yang tak mungkin habis dikunjungi dalam sehari. Mulai dari barat yakni Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul lalu ke ujung timur Kabupaten Gunungkidul, ada banyak pantai dengan beragam suasana berbeda satu sama lainnya.

Bila ingin menghabiskan waktu di pusat Kota Yogyakarta, tentu ada banyak pilihan tempat yang bisa dikunjungi untuk memuaskan rasa penasaran terhadap warisan budaya. Mulai dari Keraton Yogyakarta hingga kawasan Kotagede akan menunjukkan jejak masa lalu Kota Yogyakarta yang tak lekang oleh zaman.

(sip/ams)