Banjir Surut, Warga Wonosoco Kudus Bersih-bersih

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 12:40 WIB
Warga Wonosoco, Undaan, Kudus gotong royong membersihkan sisa lumpur banjir bandang. Hujan deras mengakibatkan sungai di Wonosoco meluap dan menimbulkan banjir bandang, Senin (29/11/2021).
Warga Wonosoco, Undaan, Kudus gotong royong membersihkan sisa lumpur banjir bandang (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)

Wiyoto menyebut perlu ada penghijauan di wilayah pegunungan Kendeng. Apalagi setiap hujan deras sering terjadi banjir bandang di wilayah Desa Wonosoco.

"Ke depan untuk penanganan untuk penghijauan ditangani Perhutani, kemudian kita tinggal melanjutkan. Kita mau cari untuk bahan penghijauannya, karena dengan diperlukan pohon yang bisa ada buahnya untuk bermanfaat untuk warga lokal. Bisa mengganti tanaman semusim yang masyarakat tanam dan diharapkan ke depan bisa terjaga dengan baik," tutur dia.

Warga Wonosoco, Undaan, Kudus gotong royong membersihkan sisa lumpur banjir bandang. Hujan deras mengakibatkan sungai di Wonosoco meluap dan menimbulkan banjir bandang, Senin (29/11/2021).Warga Wonosoco, Undaan, Kudus gotong royong membersihkan sisa lumpur banjir bandang. Hujan deras mengakibatkan sungai di Wonosoco meluap dan menimbulkan banjir bandang, Senin (29/11/2021). Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang terjadi di wilayah Desa Wonosoco Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Senin (29/11) pukul 17.30 WIB kemarin. BPBD Kudus mencatat puluhan rumah terdampak dan dua rumah warga roboh.

"Akibatnya kerusakan rumah dan masuknya lumpur di 62 rumah warga dan satu tempat wisata," kata Kepala Pelaksana BPBD Kudus, Budi Waluyo kepada detikcom saat dimintai konfirmasi detikcom lewat pesan singkat, Senin (29/11j2).


(ams/mbr)