Lengkap! Jadwal-Rute Bus Werkudara dan KA Batara Kresna di Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 11:55 WIB
Bus Werkudara, Solo.
Bus Werkudara, Solo. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Tak hanya terkenal dengan kulinernya, Kota Solo, Jawa Tengah juga memiliki wahana wisata transportasi yang menarik. Saat ini ada dua jenis alat transportasi yang bisa dicoba untuk berkeliling Solo dan sekitarnya, yaitu Bus Werkudara dan KA Batara Kresna.

Bus Werkudara

Bus Werkudara ialah bus tingkat yang membawa penumpang berkeliling Kota Solo. Dengan tiket Rp 20 ribu per orang, wisatawan bisa menikmati suasana kota selama sekitar 1,5 jam.

Bus Werkudara berangkat dari kantor Dishub Solo, Jalan Menteri Supeno, Manahan, Banjarsari, Solo. Adapun jam keberangkatan ialah pukul 09.00, 12.00 dan 15.00 WIB setiap Sabtu dan Minggu.

"Tiket bisa dipesan sebelum hari keberangkatan melalui WA(WhatsApp) 085642005156. Di luar akhir pekan juga bisa melayani permintaan rombongan," kata Kabid Angkutan Dishub Solo, Taufiq Muhammad, Selasa (30/11/2021).

Rute Bus Werkudara Solo

Rutenya yakni dari kantor Dishub Solo melewati Jalan Moewardi (Kottabarat), Jalan Slamet Riyadi, berhenti sejenak di Bank Indonesia Jalan Jenderal Sudirman. Kemudian berlanjut ke Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Kolonel Sutarto, Jalan Ir Sutami dan berhenti di Jurug.

Di Jurug, penumpang yang sebelumnya duduk di bawah, bertukar tempat duduk di atas. Dari Jurug, bus berbalik melewati Jalan Ir Sutami, Jalan Kolonel Sutarto, Jalan Monginsidi, Jalan S Parman, Jalan Ahmad Yani, Jalan MT Haryono dan kembali ke kantor Dishub Solo.

KA Batara Kresna

Sedangkan KA Batara Kresna memiliki rute Solo-Wonigiri. Uniknya, kereta ini melintasi tengah Kota Solo, yakni Jalan Slamet Riyadi dari Stasiun Purwosari ke Stasiun Kota (Sangkrah).

KA Batara Kresna berangkat setiap hari dengan dua kali jam keberangkatan. Dari Purwosari, KA berangkat pukul 06.00 dan 10.00 WIB. Dari Wonogiri, KA berangkat pukul 08.00 dan 12.00 WIB.

Harga Tiket KA Batara Kresna

Harga tiket KA perintis ini Rp 4 ribu per orang. Tak hanya untuk berwisata, masyarakat yang melaju dari Wonogiri juga banyak memanfaatkan kereta ini.

"Tiket bisa dibeli melalui aplikasi KAI Access atau go show di stasiun. Karena pandemi, ada syarat penumpang harus sudah divaksin," kata Kepala Stasiun Purwosari, Wagimin.

(sip/mbr)