Banjir Bandang Terjang Wonosoco Kudus, 1 Rumah Warga Ambruk

Dian Utoro Aji - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 19:26 WIB
Penampakan banjir bandang di permukiman warga Wonosoco, Kudus, Senin (29/11/2021)
Penampakan banjir bandang di permukiman warga Wonosoco, Kudus, Senin (29/11/2021). (Foto: dok. Camat Undaan Kudus)
Kudus -

Banjir bandang menerjang di Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, sore ini. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun satu dapur milik warga ambruk diterjang banjir.

"Sampai saat ini satu rumah berupa dapur roboh. Tidak ada korban jiwa," kata Camat Undaan Rifai saat dimintai konfirmasi detikcom lewat pesan singkat, Senin (29/11/2021).

Rifai menerangkan banjir terjadi pukul 17.30 WIB. Banjir bandang terjadi karena hujan deras yang terjadi dan menyebabkan sungai di desa setempat meluap ke permukiman warga.

Menurutnya saat ini genangan banjir sudah surut. Warga tinggal membersihkan lumpur sisa banjir banjir bandang.

"Sekarang air sudah hilang tinggal lumpur, sebisanya dibersihkan malam ini. Bila belum selesai dilanjutkan besok," ungkap Rifai.

Terpisah Kepala BPBD Kudus Budi Waluyo mengatakan masih melakukan pendataan terkait banjir bandang di Desa Wonosoco Kecamatan Undaan tadi sore.

"Masih proses pendataan," ungkap Budi saat dimintai konfirmasi detikcom lewat pesan singkat sore ini.

Video kejadian banjir bandang tersebut ramai beredar di media sosial. Salah satunya diunggah di akun Instagram infoseputarkudus. Peristiwa ini dilaporkan terjadi pukul 17.30 WIB tadi.

Ada sejumlah video yang diunggah di akun Instagram tersebut. Video pertama berdurasi enam detik yang menunjukkan kondisi sungai meluap.

Dalam video itu terlihat warga membawa payung berlarian. Kemudian terdengar suara warga menyebutkan terjadi banjir lagi.

Pada video kedua memperlihatkan rumah warga yang kemasukan air banjir bandang. Tampak warga sedang membersihkan lumpur sisa banjir bandang.

Lalu video ketiga menunjukkan penampakan jalan yang tergenang derasnya banjir. Disebutkan banjir kembali terjadi di Desa Wonosoco.

Terakhir, di video keempat menunjukkan kondisi jembatan dan jalan yang tergenang banjir bandang. Terlihat pada video ini juga air banjir mengalir begitu deras, dan warga mengurai sampah yang menyumbat di jembatan.

"Telah terjadi baru saja (29/11) musibah banjir bandang di daerah Wonosoco Kecamatan Undaan, Kab kudus dari info kami dapat kejadian di Serang dari RT 1 sampai RT 4 RW 1," tulis keterangan video itu seperti dilihat detikcom petang ini.

(ams/rih)