Unik! Ada Rumah Sepatu Raksasa di Boyolali, Pemilik Ungkap Filosofinya

Ragil Ajiyanto - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 18:56 WIB
Boyolali -

Bangunan di Boyolali ini cukup menyita perhatian karena berbentuk sepatu raksasa dan berwarna oranye yang mencolok mata. Bukan tempat pembuatan atau toko sepatu, bangunan unik ini ternyata adalah rumah.

Rumah sepatu tersebut berada di jalan baru, menghubungkan exit gerbang tol Boyolali dengan Alun-alun Lor dan jalur lingkar utara atau jalan Prof Soeharso, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Dari exit tol di Mojosongo, bangunan ini berada di selatan atau kiri jalan. Masuk Dukuh Berdug RT 01/06 Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo.

"Keterkaitan dengan ide pendirian (bangunan) sepatu ini yang jelas kami terinspirasi perjalanan kehidupan kami," kata pemilik rumah sepatu, Dedy Saryawan, saat ditemui di rumahnya tersebut, Senin (29/11/2021).

Bangunan tersebut berlantai dua, bagian bawah berbentuk biasa dan bentuk sepatu raksasa dari beton dibangun di lantai dua, yang didesain sendiri oleh pemiliknya dengan ukuran skala sekitar 1:700.

Dedy menceritakan, pengalaman dalam kehidupan keluarganya yang akhirnya membuatnya membangun rumah berbentuk sepatu bot tersebut. Dia berharap, melalui filosofi sepatu, bisa menjadi pelajaran berharga bagi dirinya maupun masyarakat pada umumnya.

"Itu sekitar tahun 2011, keluarga kami sempat retak dan akhirnya kita bercerai, sehingga saya seakan kehilangan satu kaki kanan saya, dan ini kita bangun kaki sebelah kiri. Ini untuk memberikan pembelajaran bagi khalayak umum biar bisa merawat sepatu itu dengan sebaik-baiknya. Intinya penceraian diperbolehkan, namun monggo lah (silakan) itu bisa dievaluasi kembali. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikan suatu permasalahan perceraian," ungkap Dedy yang juga Kepala Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo.

"Di tahun 2014, alhamdulillah seizin Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, kami bisa menemukan kembali sepatu kanan saya yang hilang dan mudah-mudahan nanti sampai kakek-kakek, nenek-nenek," imbuh dia.

Rumah sepatu, bangunan unik di Boyolali, Senin (29/11/2021).Rumah sepatu, bangunan unik di Boyolali, Senin (29/11/2021). Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom

Menurut dia, banyak sekali filosofi sepatu. Antara lain sepasang sepatu itu jalannya tidak berdekatan namun tujuannya sama.

"Yang kedua, sepatu itu walaupun dimakan usia, bagaimanapun monggo kita saling menjaga, saling menghormati. Karena memang sepatu itu fungsinya untuk melindungi, monggo kita saling melindungi dan intinya dari filosofi sepatu ini harapan kami bisa menjadikan suri teladan berkaitan dengan kebersamaan," ucapnya.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...