Antisipasi Varian Omicron, Ganjar Minta Dinkes Rutin Ambil Sampel COVID

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Senin, 29 Nov 2021 15:20 WIB
Virus Omicron di Indonesia Belum Terdeteksi, Ini Langkah Pencegahan Pemerintah
Ilustrasi virus Corona varian Omicron (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Semarang -

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) gencar mengambil sampel virus Corona atau COVID-19 untuk mendeteksi ada atau tidaknya varian Omicron yang masuk. Menurutnya hal itu dilakukan agar antisipasi segera bisa dilakukan.

"Saya minta setiap ambil sampel kita langsung bawa sampelnya untuk dites dengan whole genome sequencing test. Kenapa menjadi penting karena ini bisa menjadi deteksi sejak dini. Alhamdulillah sampai akhir kemarin hasil tes semua varian yang ditemukan masih delta, yang baru belum ditemukan," kata Ganjar dalam keterangannya, Senin (29/11/2021).

"Kita sudah punya alat sendiri, sudah beli sendiri. Jadi saya minta untuk diambil sampel-sampel secara random dan terus-menerus. Tidak boleh berhenti sehingga nanti diharapkan kita bisa membantu deteksi (varian baru) secara dini," lanjut Ganjar.

Pemerintah pusat, lanjut Ganjar, sudah melakukan langkah-langkah antisipasi. Maka pemerintah daerah harus mengikuti seperti halnya memperketat pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan.

"Mohon maaf karena ini pernah terjadi sehingga jangan sampai ada orang keluar dari airport dan pelabuhan dari pintu belakang, semua harus lewat pintu depan," ujarnya.

"Kalau ini bisa dijaga, insyaallah kita bisa menjaga agar varian baru tidak masuk ke kita karena ini rentan sekali. Kita harus siaga dan tidak boleh meremehkan," terang Ganjar.

Untuk diketahui, dunia digegerkan oleh temuan varian Corona baru yakni varian Omicron atau B.1.1.529 yang pertama kali teridentifikasi di Afrika Selatan. Sejumlah peneliti juga menyebutkan bahwa varian Omicron lebih menular 500 persen daripada varian Delta.

(rih/sip)