Beredar Video Truk Oleng di Tol Batang-Semarang, Ternyata...

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Rabu, 24 Nov 2021 13:26 WIB
Truk oleng di Tol Batang-Semarang pada 2019 silam. Rabu (24/11/2021).
Truk oleng melaju di tol Semarang. (Foto: Tangkapan layar medsos Facebook magelang-raya)
Semarang -

Sebuah video yang memperlihatkan satu unit truk melaju oleng di ruas jalan tol Semarang, Jawa Tengah ramai dibahas di media sosial. Polda Jawa Tengah memberi tanggapan terkait kejadian dan video itu.

"Hasil analisa video tersebut adalah pengambilan konten untuk medsos karena banyak pengambil gambar dan video di pinggir jalan dengan sengaja," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes M Iqbal Alqudusy, kepada wartawan lewat pesan singkat, Rabu (24/11/2021).

Video itu diposting setidaknya di dua akun media sosial. Di antaranya oleh akun Facebook Jurnalpantura.id dan magelang_raya dengan informasi yang disertakan di postingan itu menyebut lokasinya berada di Tol Batang-Semarang.

Dalam video terlihat beberapa orang mengambil video lewat ponsel ketika truk berwarna merah berjalan oleng ke kanan dan ke kiri. Bahkan truk itu masih melaju oleng ketika menyalip truk lainnya. Tampak pula ada beberapa orang yang tampak berlarian merekam laju truk itu.

Polisi kemudian menelusuri video itu dan menghubungi pemilik akun media sosial yang mempostingnya.

Kepada polisi, para pemosting video itu mengaku video itu lawas dan diunggah ulang.

"Terkait viral truk oleng yang di jalan tol merupakan video lama sebelum COVID, diperkirakan tahun 2019. Diviralkan kembali oleh akun Jurnal Pantura. Lokasi kejadian sebenarnya bukan di Batang tapi di KM 417 dekat Kalikangkung Semarang," jelasnya.

Iqbal mengatakan pada saat itu polisi telah mengidentifikasi truk dan sopirnya. Selain itu polisi juga sudah meminta klarifikasi pengunggah awal video itu.

"Untuk pemilik dan sopir truk sudah diketahui, warga Pamekasan. Untuk pengupload sudah dimintai klarifikasi," tegasnya.

(alg/sip)