Malam-malam Mensos Risma Sambangi Bocah Korban Selamat Longsor Banjarnegara

Uje Hartono - detikNews
Minggu, 21 Nov 2021 22:09 WIB
Mensos Risma kunjungi lokasi longsor di Banjarnegara, 21/11/2021
Mensos Risma kunjungi lokasi longsor di Banjarnegara. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Mensos Tri Rismaharini memberi perhatian khusus terhadap korban longsor di Banjarnegara, Putri Olivia Soedarmaji (9). Putri merupakan satu-satunya korban selamat saat tebing setinggi 15 meter longsor menimpa dua rumah dan menyebabkan 4 orang tewas.

"Keluarganya (Putri Olivia) habis meninggal. Tadi setelah ketemu alhamdulilah baik. Kakaknya bisa cerita, adiknya (Putri Olivia) yang kata psikolog susah bicara, tapi tadi sempat bicara sama saya," ujarnya saat meninjau longsor di Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Minggu (21/11/2021) malam.

Pada kesempatan ini, Risma mengaku sudah menyiapkan rencana perihal nasib Putri Olivia ke depan usai kakak serta saudaranya menjadi korban longsor. Namun ia belum menyampaikan secara detail terkait rencana tersebut.

"Ya nanti akan saya sampaikan berikutnya (nasib Putri). Tapi yang jelas sudah ada rencana," kata dia.

Risma juga meminta agar satu rumah warga yang ada di sekitar lokasi untuk dipindah. Mengingat intensitas hujan ke depan diprediksi masih cukup tinggi.

"Menurut saya lokasi yang bahaya hanya itu, jadi hanya satu rumah. Tadi sudah saya sampaikan ke Pak Wabup kalau bisa dipindah. Karena ke depan curah hujannya akan cukup tinggi," tambahnya.

Di tempat yang sama, Psikolog PMI Banjarnegara Gones Saptowati mengatakan kondisi Putri masih perlu pendampingan mengingat sempat mengalami trauma.

"Sempat ada blocking. Sekarang pelan-pelan mau bicara tetapi masih butuh pendampingan termasuk dari keluarga besar. Jangan dulu banyak dijenguk. Harus dibatasi," terangnya.

Menurutnya, hal ini biasa terjadi terhadap korban. Terlebih belum lama orang tua Putri Olivia meninggal dunia. Ia bersama kakaknya Alfino tinggal bersama kakak dari orang tuanya. Namun justru mereka menjadi korban tanah longsor hingga meninggal dunia.

"Ini sebenarnya wajar. Selain sempat tertimbun longsor Putri ini kan habis ditinggal orang tuanya. Kemudian dia bersama kakaknya Alfino ikut dengan saudaranya. Tetapi malah kakak, dan saudara yang merawat meninggal dunia akibat tanah longsor kemarin," jelasnya.

(mbr/mbr)