Dramatis! Evakuasi Bocah yang Tertimbun Puing-Longsor selama 1 Jam

Uje Hartono - detikNews
Sabtu, 20 Nov 2021 13:37 WIB
4 Orang Tewas Imbas Longsor di Banjarnegara
Tanah longsor timbun rumah di Banjarnegara, empat orang tewas, Jumat (19/11/2021) malam. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Putri Olivia Soedarmaji (9) menjadi salah satu korban saat tebing setinggi 15 meter longsor menimpa dua rumah di Desa Pagentan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Putri selamat meski sempat tertimbun material longsoran selama sekitar 1 jam.

Diketahui dalam peristiwa Jumat (19/11) malam itu, total empat orang tewas, tiga di antaranya keluarga Putri.

Saat kejadian, Putri tengah tidur di ruang TV bersama kakak kandungnya, Alfino Soedarmaji (11) yang ditemukan tewas bersama dua saudara lainnya. Yakni sepupunya Bunga Citra Arumdani (13) dan kakak dari orang tuanya, Partini (36).

Karmawan, saudara Putri, menceritakan saat ia berusaha mencari saudaranya yang tertimbun longsor itu. Keyakinannya bulat saudaranya berada di tumpukan tanah dan puing-puing bangunan saat ia melihat TV yang tertimbun material tanah longsor.

"Begitu saya dikabari ada longsor, saya langsung mencari titik ruang TV. Karena biasanya anak-anak pada di sana. Makanya setelah saya lihat ada TV pasti di bawah mereka tertimbun," tutur Karmawan saat ditemui di Puskesmas Pagentan, Sabtu (20/11/2021).

Saat mulai dilakukan proses pencarian, ia melihat selimut yang biasa digunakan Putri bergerak. Sehingga ia bergegas untuk segera membuka puing-puing bangunan. Namun saat itu, oleh warga dan para relawan ia diminta untuk mundur.

"Setelah itu saya suruh mundur karena tangan saya sudah terluka. Putri kemudian evakuasi oleh warga dan para relawan. Meski sudah sempat tertimbun sekitar satu jam, namun ditemukan selamat," kata dia.

Putri dan Alfino belum lama menjadi yatim piatu, setelah kedua orang tuanya meninggal dunia. Keduanya kemudian diangkat oleh Partini.

"Putri dan Alfino ini yatim piatu. Kemudian ia tinggal bersama ibu Partini yang saat ini juga menjadi korban bersama anak kandungnya Bunga dan kakaknya putri Alfino," jelasnya.

Putri Olivia Soedarmaji (9) terbaring di rumah saudaranya, Desa Pagentan, Banjarnegara, Sabtu (20/11/2021).Putri Olivia Soedarmaji (9) terbaring di rumah saudaranya, Desa Pagentan, Banjarnegara, Sabtu (20/11/2021). Foto: Uje Hartono/detikcom

Kepala Desa Pagentan, Abdul Kohar, juga menceritakan saat Putri berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Ia bersama warga setempat melakukan evakuasi mandiri sambil menunggu petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara.

"Sambil menunggu petugas BPBD sampai lokasi, saya dengan warga setempat mencoba menggali material yang runtuh," ujarnya.

Saat proses pencarian, dengan menggali kedalaman lebih dari dua meter, Ia melihat tangan Putri bergerak. Abdul mengungkapkan, posisi badan Putri miring dengan kaki sedikit menekuk. Berbeda dengan kedua korban meninggal lainnya yaitu Alfino dan Bunga.

"Kalau Putri itu miring posisinya, kalau yang dua itu telungkup semua," kata dia.

Selanjutnya, kondisi Putri saat ini...



Simak Video "3 Orang Sekeluarga dan Bidan Tewas Akibat Longsor di Banjarnegara"
[Gambas:Video 20detik]