100 Hari Wafatnya Mangkunegara IX Diperingati Besok, Suksesi Segera Dibahas

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 18 Nov 2021 18:50 WIB
Pura Mangkunegaran menggelar peringatan 40 hari wafatnya KGPAA Mangkunegara IX, Senin (20/9/2021).
Pura Mangkunegaran menggelar peringatan 40 hari wafatnya KGPAA Mangkunegara IX, Senin (20/9/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Peringatan 100 hari wafatnya KGPAA Mangkunegara IX akan digelar besok, Jumat (19/11) malam. Setelahnya, persoalan suksesi Mangkunegaran akan segera dibahas keluarga.

Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, Lilik Priarso Tirtodiningrat, meminta masyarakat memberi waktu kepada keluarga untuk membahas sosok penerus Mangkunegara IX. Namun dia menegaskan acara besok hanya khusus doa dan tahlil.

"Sesudah 100 hari, mohon bersabar berilah waktu keluarga internal artinya keluarga inti dan sederek dalem berbicara. Kalau acara besok murni peringatan 100 hari, tidak ada acara lain," kata Lilik di Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (18/11/2021).

Terkait banyaknya pihak luar yang turut berbicara tentang suksesi, Lilik mengatakan pihak keluarga tidak akan terpengaruh. Keluarga memiliki pertimbangan sendiri untuk menentukan sosok adipati yang baru.

"Suara dari luar tidak berpengaruh dan tidak perlu ditanggapi. Nanti keluarga yang berhak menentukan, kalau kami hanya melaksanakan perintah saja," ujarnya.

Adapun acara peringatan 100 hari besok rencananya akan dihadiri sekitar 300 tamu. Dari 300 tamu itu, 100 di antaranya adalah tamu undangan, sisanya adalah kerabat dan abdi dalem.

"Karena pandemi hanya kita batasi 300 orang. Kalau sudah penuh akan kita tutup pintunya," ujar Lilik.

Acara akan dimulai sekitar pukul 19.00 WIB dengan kegiatan doa dan tahlil. Acara direncanakan akan berlangsung selama dua jam.

(rih/ams)