Tanah Gerak Ancam Permukiman di Pekalongan, 1 Rumah Rusak

Robby Bernardi - detikNews
Rabu, 17 Nov 2021 14:47 WIB
Sejumlah rumah di Desa Garungwiyoro, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, terancam tanah gerak
Sejumlah rumah di Desa Garungwiyoro, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, terancam tanah gerak (Foto: dok Desa Garungwiyoro)
Pekalongan -

Sejumlah rumah di Desa Garungwiyoro, Kecamatan Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah terancam dan satu rumah rusak akibat tanah gerak. Ancaman tanah gerak ini dipicu intensitas hujan tinggi pada Sabtu (13/11) lalu.

"Kejadiannya karena intensitas hujan membuat tanah bergerak. Akibatnya, satu rumah warga menggantung. Kalau terdampak ya puluh rumah, yang parah satu rumah tadi," kata Kepala Desa Garungwiyoro, Jariyah, kepada wartawan, Rabu (17/11/2021).

Jariyah menyebut bencana tanah gerak itu terjadi hampir setiap tahun sekali. Untuk antisipasi BPBD Jateng memasang sejumlah early warning system (EWS).

"(Tanah) Bergerak setiap tahun. Ada EWS sebagai peringatan dini ke warga, EWS dipasang oleh provinsi (BPBD). Kalau alarm berbunyi warga tidak begitu panik karena setiap hari berbunyi sih," terang Jariyah.

Bencana tanah gerak itu terjadi di Dukuh Karyamukti, RT 04/RW 02 Desa Garungwiyoro. Dia menyebut salah satu rumah warga yang rusak yakni milik Lutfi Asror (36).

"Retak bagian teras rumah serta pondasi teras rumah ambrol, sementara penghuni rumah mengungsi di rumah tetangga, dan mengosongkan rumahnya," jelas Jariyah.

Dia menerangkan bencana tanah gerak itu juga menyebabkan jalan di desanya amblas. "Kalau jalan amblas sekitar 15 cm," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Cabang ESDM Wilayah Serayu Utara, Suhardi, menjelaskan salah satu faktor pemicu adanya tanah bergerak yakni curah hujan ekstrem.

"Faktor penyebab selain curah hujan ekstrem, antara lain, material penyusunnya berupa pelapukan batuan yang bersifat gembur sehingga ketika jenuh air pada kondisi kemiringan terjal, maka tanah akan cenderung bergerak," jelas Suhardi saat diwawancarai terpisah.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...