Heboh Kejar-kejaran Mobil di Purwokerto, 5 Orang Jadi Tersangka

Arbi Anugrah - detikNews
Selasa, 16 Nov 2021 21:24 WIB
Heboh kejar-kejaran mobil di jalanan Purwokerto, Banyumas, Jumat (12/11/2021).
Heboh kejar-kejaran mobil di jalanan Purwokerto, Banyumas, Jumat (12/11/2021). Foto: Tangkapan layar akun medsos
Banyumas -

Heboh kejar-kejaran antara mobil Mitsubishi Pajero dan Daihatsu Ayla di jalanan Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (12/11) lalu. Polisi menetapkan lima orang tersangka terkait kasus keributan tersebut.

Kasat Reskrim Polresta Banyumas Kompol Berry mengatakan, dari lima tersangka tersebut empat di antaranya merupakan warga Banyumas yang bekerja sebagai debt collector, yakni inisial KRT (33), AK (37), HP (35) dan OK (34). Mereka diduga melakukan kekerasan dan perampasan terhadap orang yang berada di dalam mobil Pajero.

Polisi juga menetapkan sopir Pajero berinisial IL (38) warga Bekasi, atas dugaan kepemilikan senjata air gun dan senjata tajam yang disimpan di dalam mobil.

"Ada dua perkara yang kami tangani, pertama perampasan dan pengeroyokan dengan TKP di depan SMAN 3 Purwokerto. Tersangkanya empat orang debt collector. Kedua kami temukan senjata api air gun dan senjata tajam, ada golok, mandau, celurit dan lain-lain di dalam mobil Pajero. Barang-barang tersebut diakui milik sopirnya," kata Berry dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (16/11/2021).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, para tersangka debt collector saat itu berupaya mengambil atau menguasai satu unit kendaraan yang sedang dikuasai oleh korban secara paksa dan tidak sesuai dengan prosedur mekanisme eksekusi yang benar, yakni dilakukan dengan cara memaksa dan melakukan kekerasan terhadap orang maupun terhadap barang.

Atas kasus tersebut, keempat debt collector dijerat Pasal 170 KUHP dan 368 KUHP dengan ancaman hukuman penjara sembilan tahun.

"Sedangkan sopir Pajero dijerat dengan Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Senjata Api dengan ancaman hukuman penjara 12 tahun," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa kejar-kejaran yang melibatkan dua mobil terjadi di jalanan Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Satu mobil tampak rusak berat di bagian depan. Kondisi itu terekam video yang diunggah dan viral di Twitter.

Selengkapnya di halaman selanjutnya...