Catatan Daftar Insiden Kebakaran Tangki Pertamina Cilacap

Arbi Anugrah - detikNews
Minggu, 14 Nov 2021 11:47 WIB
Tangki di area kilang Pertamina di Cilacap terbakar pada Sabtu (13/11/2021) malam.
Tangki di area kilang Pertamina di Cilacap terbakar pada Sabtu (13/11/2021) malam. (Foto: Arbi Anugrah/detikcom)
Cilacap -

Kebakaran tangki PT Kilang Pertamina Indonesia (KPI) RU IV Cilacap terjadi pada kemarin malam. Peristiwa ini bukan yang pertama kalinya terjadi di Cilacap.

General Manager RU IV Cilacap Eko Sunarno saat jumpa pers di Head Office PT KPI RU IV mengatakan jika hingga saat ini, penyebab kebakaran tangki itu belum diketahui.

"Dugaan sementara kita belum bisa memastikan, tapi kawan-kawan bisa mendengar kejadian pukul 19.10 WIB itu hampir bersamaan dengan adanya petir. Tapi kita belum bisa memastikan sebelum nanti kita bisa kendalikan dan padamkan serta lakukan investigasi," jelas Eko.

saat ini pihaknya sudah mengevakuasi sejumlah warga di Kelurahan Lomanis, Cilacap Tengah, yang tinggal di dekat lokasi kebakaran. Untuk sementara, warga diungsikan di masjid maupun aula kelurahan.

"Sebagian masyarakat terutama yang didaerah (Kelurahan) Lomanis ini kita lakukan evakuasi. (Jumlah) Pastinya saya tidak tahu, sekitar 80 orang ini sebagian di aula kelurahan, sebagian di masjid," terang dia.

Berdasarkan catatan detikcom, kebakaran tangki Pertamina Cilacap pernah terjadi pada 2 April 2011. Tangki yang terbakar bukanlah tangki berisi BBM melainkan berisi minyak ringan HOMC (High Octane Mogas Component).

Saat itu kebakaran terjadi sekitar pukul 04.30 WIB karena terjadi ledakan.

"Apinya lebih besar dari yang dulu," kata Momon, salah seorang warga yang tinggal 2 km dari lokasi, kepada detikcom, Sabtu (2/4/2011) silam.

Saat itu dampak dari asap kebakaran tangki menyebabkan sebagian warga Kelurahan Lomanis mengalami sesak napas hingga Dinas Kesehatan Cilacap membuka posko kesehatan Puskesmas Keliling untuk mengobati warga.

Setelah kurang lebih lima hari terbakar sejak tanggal 2 hingga 6 April 2011, akhirnya kebakaran tangki Pertamina Cilacap padam setelah hujan deras mengguyur selama semalaman saat itu. Hujan ini memadamkan api di tangki 31-T07 berisi kerosin yang merupakan tangki ketiga yang terbakar.

Pantauan detikcom saat itu di kawasan kilang minyak Pertamina Cilacap, api padam pada Rabu (6/4/2011) pukul 06.00 pagi. Menurut informasi dari petugas jaga setempat, api mulai mengecil sejak pukul 01.00 WIB dini hari tadi.

Padamnya api ini membuat petugas di kilang minyak Pertamina, Cilacap lega. Mereka juga akhirnya tidak perlu menyemprotkan foam pemadam api yang sudah dikirim dari Jakarta saat itu.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...

Saksikan video 'Tangki Pertamina Cilacap yang Terbakar Sudah Dapat Dikendalikan':

[Gambas:Video 20detik]