Komnas HAM Selidiki Dugaan Kekerasan di Lapas Narkotika Yogya, Apa Hasilnya?

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Rabu, 10 Nov 2021 15:28 WIB
Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta
Lapas Narkotika Kelas II A Yogyakarta. (Foto: Jauh Hari Wawan S)
Sleman -

Kasus dugaan kekerasan yang terjadi di Lapas Narkotika Yogyakarta, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih terus diusut. Kini giliran Komnas HAM yang turun tangan untuk melakukan penyelidikan dugaan kekerasan tersebut.

"Hasilnya belum bisa kami sampaikan karena memang masih proses bekerja," kata Ketua Tim Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM, Tama Tamba, ditemui di Lapas Narkotika, Rabu (10/11/2021).

Dijelaskan Tama, pihaknya bukan hanya meminta keterangan dari pelapor dalam hal ini eks warga binaan pemasyarakatan (WBP). Namun juga pihak-pihak yang dilaporkan agar nantinya hasil penyelidikan Komnas HAM berimbang.

"Ya yang jelas prinsip kerja Komnas HAM itu kan imparsialitas, kami akan meminta keterangan dari pihak-pihak terkait terutama dari korban itu sudah. Mereka sudah menyampaikan aduan, kami juga sudah pernah melakukan virtual zoom meeting secara langsung," ujar Tama.

"Hari ini kami juga bertemu dengan pihak lapas (narkotika) dengan menghadirkan beberapa pegawai yang akan kami temui dan mintai keterangannya," sambungnya.

Selain agenda ke Lapas Narkotika, Komnas HAM juga akan menyambangi Kanwil Kemenkumham DIY.

"Kami bertugas (di DIY) hingga hari Kamis (11/11). Besok kami akan ada agenda di Kanwil DIY setelah itu kami akan kembali ke Jakarta untuk lapor kepada pimpinan," jelasnya.



Selanjutnya: Apa hasil investigasi ORI DIY?