Bupati-Wabup Bantul Dapat Kekancingan Gelar dari Keraton Yogya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 18:15 WIB
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo menerima gelar dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.
Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo menerima gelar dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. (Foto: dok. Humas Protokol Pemkab Bantul)
Bantul -

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo mendapat gelar dan nama khusus dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Setelah mendapatkan kekancingan, keduanya mengaku siap menjadi abdi budaya Keraton Yogyakarta.

Pemberian gelar tersebut dilakukan melalui prosesi wisuda abdi dalem di Keraton Yogyakarta. Prosesi wisuda tersebut diikuti sekitar 235 orang yang sebagian besar abdi dalem.

"Ya hari ini adalah wisuda pemberian gelar dan nama bagi para abdi dalem. Saya dan wakil bupati hari ini diundang untuk menerima anugerah dan nama baru sebagai abdi dalem Keraton Ngayogyakarta," kata Halim kepada wartawan, Selasa (9/11/2021).

Halim menyebut, dia mendapatkan gelar dan nama baru sebagai KMT H Prajahadiwinata dan Wakil Bupati Bantul mendapatkan gelar dan nama sebagai MRy Prajahadisaputra. Surat kekancingan itu diserahkan oleh KPH Wironegoro.

"Intinya kita siap menjadi abdi budaya Ngayogyakarta Hadiningrat. Tadi prosesinya duduk menunggu acara dimulai, kemudian satu per satu dipanggil baik gelar dan nama baru satu per satu dan memperoleh kekancingan atau semacam sertifikat," ujarnya.

Sementara itu, Joko mengaku dengan gelar dan nama baru ini akan menambah semangat untuk mengabdi kepada Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Selain itu membulatkan tekad sebagai abdi dalem Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Ini semakin menambah semangat kita untuk mengabdi kepada DIY, dan semakin membulatkan tekad sebagai kawulo dalem ingkang sinuwun HB X bahwa kami semua adalah abdi dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat," katanya.

(rih/ams)