2 ABG Hanyut Saat Asyik Main di Sungai Pekalongan, 1 Orang Hilang

Robby Bernardi - detikNews
Minggu, 31 Okt 2021 19:27 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi tenggelam (Foto: Thinkstock)
Kota Pekalongan -

Dua remaja asal Kota Pekalongan, Jawa Tengah hanyut saat asyik bermain di objek wisata Tapak Menjangan, Sungai Welo, Pekalongan. Seorang remaja dinyatakan hilang dan hingga pencarian ditutup korban belum ditemukan.

Peristiwa ini terjadi pukul 13.00 WIB tadi. Remaja yang selamat yakni, Arif Samsudin (16), sedangkan seorang remaja yang hilang yakni Mirza (15).

"Satu korban ditemukan selamat. Satu korban atas nama Mirza, belum ditemukan. Kondisi arus deras," kata Kapolsek Doro, AKP Aries Tri Hartanto saat dimintai konfirmasi, Minggu (31/10/2021).

Peristiwa itu bermula saat kedua korban mandi di objek wisata Tapak Menjangan. Saat keduanya asyik bermain di sungai, dua orang saksi sudah memperingatkan keduanya agar berhati-hati mengingat kondisi air yang datang dari hulu mulai tampak keruh.

"Keduanya berteriak memberikan peringatan agar segera naik ke darat karena daerah atas sudah mendung gelap dan air sungai sudah mulai keruh, namun sepertinya kedua korban tidak mendengarnya," kata Aries.

Nahas, tak lama setelahnya tiba-tiba datang air dari hulu. Keduanya lalu hanyut.

"Keduanya, sempat berpegangan pada ranting pohon, kemudian 1 korban terseret arus sungai karena tidak kuat berpegangan di ranting pohon (Mirza), sedangkan 1 korban lainya atas nama Arif berhasil diselamatkan warga.

"Mendapatkan informasi adanya orang hanyut itu, kami langsung ke lokasi kejadian dan menghubungi BPBD dan Tim Sar yang ada," kata Aries.

Korban selamat yakni Arif Samsudin, langsung dievakuasi ke Puskesmas Doro I. Beruntung dari hasil pemeriksaan petugas puskesmas dinyatakan sehat.

"Satu korban belum ditemukan setelah tadi bersama warga dan petugas gabungan mencari, belum membuahkan hasil. Cuaca di lokasi kejadian gelap dan kondisi air sungai banjir, kiriman dari atas. Proses pencarian dihentikan dilanjutkan besok, karena cuaca kurang mendukung dan arus air kian deras," jelas Aries.

"Sebelum kejadian, warga juga sudah mengingatkan agar kedua korban tidak bermain di sungai, mengingat kondisi yang kurang bagus," tambahnya.

Aries mengungkap, ciri-ciri korban yang hanyut memakai kaus warna hitam lengan panjang dan celana kolor warna hitam kombinasi hijau.

(ams/ams)