Hujan Lebat, Pohon dan 4 Tiang Listrik di Klaten Ambruk

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 29 Okt 2021 16:52 WIB
Penampakan tiang listrik dan pohon tumbang di Jalan Tegalgondo-Janti, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jumat (29/10/2021).
Penampakan tiang listrik dan pohon tumbang di Jalan Tegalgondo-Janti, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten. (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Pohon beringin berukuran besar dan empat tiang listrik di dua desa Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, ambruk akibat diguyur hujan lebat dan angin kencang. Salah satu tiang listrik yang ambruk bahkan menimpa satu truk yang sedang melintas.

"Kejadian di Sidowayah. Ada tiga tiang listrik roboh dan satu menimpa sebuah truk," terang Kades Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Mujahid Jariyanto, kepada detikcom, Jumat (29/10/2021).

Mujahid menerangkan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB tadi. Selain menimpa satu truk, ambruknya tiang listrik itu mengakibatkan listrik padam.

"Kejadian menyebabkan aliran listrik padam sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Tidak ada korban luka dalam kejadian tersebut," jelasnya.

Terpisah, Komandan Koramil 15/ Polanharjo Lettu Inf Ngabdul Kurnen mengatakan laporan sementara ada dua wilayah terdampak hujan dan angin. Yakni di desa Sidowayah dan Glagahwangi.

"Betul, ada dua lokasi sementara yang terdampak. Di Desa Glagahwangi ada pohon tumbang dan di Sidowayah pohon tumbang menimpa jaringan listrik di Jalan Tegalgondo-Janti," kata Kurnen pada detikcom.

Menurut Kurnen, anggota Koramil telah dikerahkan ke lokasi Desa Sidowayah. Sebab peristiwa itu menyebabkan arus lalu lintas tersendat.

"Anggota sudah ke lokasi untuk mengalihkan arus dan evakuasi. Sebab lalu lintas terhambat karena di jalan raya," ujarnya.

Penampakan tiang listrik dan pohon tumbang di Jalan Tegalgondo-Janti, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jumat (29/10/2021).Penampakan tiang listrik dan pohon tumbang di Jalan Tegalgondo-Janti, Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jumat (29/10/2021). Foto: Achmad Syauqi/detikcom

Sementara itu, di Desa Glagahwangi, satu pohon beringin berukuran besar dilaporkan tumbang ke arah jalan. Akibatnya akses jalan sempat terputus karena tertutup pohon tumbang.

"Pohon beringin ukuran besar diameter sekitar 2 meter. Mungkin umurnya sudah ratusan tahun yang ambruk," kata warga Glagahwangi, Ayub kepada detikcom.

Menurut Ayub, hujan turun pukul 13.30 WIB tadi diduga menyebabkan pohon itu tumbang. Pohon itu pun roboh menimpa dua tiang listrik.

"Akibatnya satu tiang listrik ambruk dan satu tiang bengkok. Tidak ada korban luka dalam kejadian tersebut," imbuhnya.

(ams/rih)