4 Berandal Terekam CCTV Congkel Jendela-Bobol Kotak Amal di Masjid Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 08:51 WIB
Pencurian kotak amal di Klaten terekam CCTV
Pencurian kotak amal di Klaten terekam CCTV. (Foto: Tangkapan layar akun medsos)
Klaten -

Empat pria terekam CCTV membobol kotak amal masjid Al Barokah, Dusun Padan, Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah. Aksi para pelaku itu viral karena juga mencongkel jendela masjid.

"Pelaku masuk ke masjid dengan mencongkel jendela sisi Utara. Kebetulan kotak di dalam masjid," ungkap takmir masjid, Heru kepada detikcom, Jumat (22/10/2021) pagi.

Heru mengatakan, pelaku masuk empat orang. Mereka mengendarai dua sepeda motor dan parkir di halaman.

"Parkir di halaman, yang dua menunggu dan yang dua mengambil uang infak. Pakai motor dua, satunya jenis matic," sambung Heru.

Takmir masjid lainnya, Waluyo (38) mengatakan aksi pembobolan kotak infak atau kotak amal itu terjadi pada Selasa (19/10). Kondisi masjid sepi karena belum masuk subuh.

"Masjid sepi sebab kejadiannya sebelum subuh pukul 03.30 WIB. Pelaku masuk halaman samping dengan motornya," ungkap Waluyo kepada detikcom di lokasi.

Diceritakan Waluyo, setelah kotak diketahui rusak, takmir membuka CCTV. Ternyata ada empat orang pria terekam kamera beraksi.

"Terekam CCTV masjid, untungnya setiap Jumat kotak kita ambil. Paling Jumlahnya sekitar Rp 200.000 tapi tidak sekali ini saja, sudah berkali kali," papar Waluyo.

Para pelaku, sebut Waluyo, tidak mengenakan helm atau masker. Wajahnya terlihat cukup jelas tapi dirinya tidak kenal.

'"Tidak pakai helm, masker juga tidak. Wajahnya terlihat tapi sepeda motor tidak begitu jelas," jelas Waluyo.

Selengkapnya lihat halaman berikutnya...