FX Rudy Sindir Gerakan Banteng Sejati: Sejahtera Adanya Upeti

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 22 Okt 2021 07:57 WIB
Solo -

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, sempat membuat heboh ketika mendukung kader 'celeng' yang mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar Pranowo. Kini dia menyinggung adanya Gerakan 'Banteng Sejati'. Apa maksudnya?

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan polemik banteng vs celeng sudah tidak perlu diungkit lagi. Dia juga mengingatkan agar seluruh pihak berhati-hati dalam memberikan sebutan.

"Sebetulnya hal itu (polemik banteng vs celeng) tidak perlu diperpanjang, saya sampaikan berkali-kali. Dan tidak perlu ada yang memulai," kata Rudy dkepada tim detikcom yang menyambangi kediamannya di Pucangsawit, Solo, Jumat (21/10/2021).

Seperti munculnya istilah celeng, Rudy menilai istilah negatif itu tidak seharusnya muncul dari ucapan elite PDIP, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul. Rudy kemudian melawan dengan perspektif lain.

"Tidak selayaknya lah seorang pemimpin di provinsi dan pusat mengeluarkan kata-kata yang menganggap celeng itu jelek. Celeng itu baik karena jalannya lurus," ujar Rudy.

Sementara Rudy juga memunculkan istilah baru, yakni banteng celengan yang berarti kader yang suka menimbun uang. Yang terbaru, dia menyebut adanya gerakan 'Banteng Sejati' yang juga bisa dipelesetkan menjadi negatif.

"Banteng celengan itu ya yang nyelengi (mengumpulkan) duit terus. Kalau banteng celeng itu lurus berjuang mencari suara demi kepentingan bangsa dan negara," kata Rudy.

"Kalau membuat kata-kata itu mohon dipikir. Kalau membuat 'Banteng Sejati' juga akan dipelesetkan lagi, 'banteng sejahtera adanya upeti', kan juga nggak baik," ungkap Rudy.

Namun dia enggan menjelaskan apakah kader jenis banteng celengan dan banteng sejati betul-betul ada di PDIP.

"Kalau saya enggak pernah mendapat upeti kok, dan tidak pernah meminta upeti. Namanya perjuangan, ngurus partai tidak ada yang tanpa pengorbanan," tegasnya.


Selengkapnya, lihat halaman berikutnya...