Tragis Wanita Terjerat Utang 23 Pinjol Ilegal hingga Bunuh Diri

Ari Purnomo - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 17:59 WIB
Ilustrasi Bunuh Diri
Ilustrasi. (Foto: detikcom/Thinkstock)
Wonogiri -

Informasi dalam artikel ini tidak ditujukan untuk menginspirasi siapa pun untuk melakukan tindakan serupa. Bagi Anda, pembaca, yang merasakan gejala depresi dengan kecenderungan berupa pemikiran untuk bunuh diri, segera konsultasikan persoalan Anda ke pihak-pihak yang dapat membantu, seperti psikolog, psikiater, ataupun klinik kesehatan mental.

--
Seorang wanita berusia 38 tahun di Wonogiri, Jawa Tengah, tewas diduga bunuh diri. Polisi mengungkap diduga korban bunuh diri karena depresi diteror penagih utang pinjol ilegal.

"Seperti kasus pada awal Oktober lalu, seorang ibu rumah tangga, (asal) Wonogiri, Jawa Tengah meninggal akibat bunuh diri. Dia diduga nekat mengakhiri hidupnya usai tak tahan diteror penagih utang dari pinjaman online (pinjol) ilegal," ujar Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy kepada wartawan, Kamis (21/10/2021).

Korban terjebak lingkaran setan gali lubang tutup lubang dengan berutang pada pinjol. Sehingga korban tidak hanya berurusan dengan satu pinjol melainkan dengan beberapa pinjol ilegal yang berbeda.

Iqbal menyebut kasus itu menjadi sebuah gambaran bahwa penagihan yang dilakukan oleh pinjol ilegal sangat sadis dan tidak ragu menggunakan berbagai cara untuk meneror korbannya.

"Aturan hukum terkait pinjol ilegal sudah jelas. Polisi akan memberantas kejahatan jenis ini karena sudah sangat meresahkan masyarakat. Untuk itu jangan ragu untuk melapor ke polisi," urai mantan Kasat Lantas Solo itu.

Diwawancara terpisah, Kapolsek Giriwoyo Iptu Sumarwan menambahkan korban nekat mengakhiri hidupnya diduga karena tidak kuat mengalami tekanan debt collector yang menagih utang setiap hari.

"Penagih mengintimidasi kepada korban dan nomor yang ada di kontak korban selalu dihubungi kadang sehari dua kali," ujarnya.

Jumlah utang yang ditanggung korban, kata Sumarwan mencapai puluhan juta dari puluhan pinjol yang berbeda.

"Utangnya sekitar Rp 52 juta dari 23 pinjol," pungkasnya.

Simak video 'Dalam Sepekan, Polri Ringkus 45 Tersangka Kasus Pinjol Ilegal!':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)