Duh! Banyak Siswa di Solo Tak Dijemput, Pulang Sekolah Nongkrong ke Mal

Ari Purnomo - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 14:05 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyoroti banyaknya siswa yang tidak langsung pulang ke rumah usai mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) atau sekolah tatap muka. Menurutnya, kondisi ini perlu menjadi perhatian dari sekolah dan juga para pelajar itu sendiri.

Gibran menyampaikan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) PTM di masa pandemi bahwa para siswa wajib diantar dan dijemput orang tua serta langsung pulang ke rumah.

"Wajib dijemput, wajib langsung pulang ke rumah, kaya ra nduwe gawean liya wae (seperti tidak punya pekerjaan lainnya saja). Tetapi ya itu (banyak yang tak langsung pulang sekolah), pada nongkrong, pada ke mal," kata Gibran kepada wartawan, Kamis (21/10/2021).

Gibran menegaskan dengan kondisi ini dirinya tidak serta merta menyalahkan pihak sekolah. Hanya saja, pihak sekolah juga perlu memonitoring siswa usai mengikuti PTM.

"Harusnya sesuai dengan SOP langsung pulang ke rumah tidak nongkrong tidak ngopi-ngopi, kemana, pulang langsung ke rumah," kata Gibran.

"Sekali lagi saya tidak menyalahkan pihak sekolah saja, tapi juga kita ingin monitoring di luar sekolah juga dijaga," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolresta Solo Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan pihaknya bersama TNI terus menerjunkan tim pengurai kerumunan (TPK). Salah satu tujuannya adalah untuk mencegah adanya pelajar yang nongkrong usai mengikuti PTM.

"Kita bersama dengan Satgas COVID-19 Kota Solo kita akan memperkuat Satgas COVID-19 sekolah, supaya PTM tetap berjalan dengan aman lancar dan sehat. Melalui satgas gabungan, ini terus lakukan TPK memantau, mengawal SE wali kota, terkait dengan PPKM level 2," ujar Ade.

Simak video 'Banyak Siswa di Solo Terpapar Covid, Gibran: PTM Jalan Terus':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)