Bayi Hidup dalam Kardus Ditemukan Warga di Bantul

Pradito Rida Pertana - detikNews
Kamis, 21 Okt 2021 11:08 WIB
Ilustrasi kaki bayi
Ilustrasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/RomoloTavani)
Bantul -

Warga Kalurahan Srimartani, Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakart (DI), dikejutkan dengan penemuan bayi dalam kondisi hidup. Bayi tersebut ditemukan dalam kardus dan diduga sengaja ditinggal oleh orang tuanya.

Kapolsek Piyungan, Rahmad Yulianto, mengatakan kejadian bermula saat salah seorang anak dari Panti Asuhan Yapitu menemukan kardus di atas salah satu kursi depan panti tersebut, Rabu (20/10) malam.

"Setelah membuka kardus tersebut saksi melihat ada bayi di dalamnya," katanya saat dihubungi wartawan, Kamis (21/10/2021).

Temuan tersebut segera dilaporkan ke pengurus panti dan selanjutnya melaporkannya penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki itu ke Polsek Piyungan.

"Kondisimya masih labil, karena itu kita serahkan ke Puskesmas Piyungan untuk mendapatkan perawatan," ucapnya.

Sementara itu Kanit Reskrim Piyungan Polres Bantul, Iptu Wahyu Tri Wibowo menambahkan bahwa kasus penemuan bayi ini masih dalam proses penyelidikan. Pihaknya menduga bayi itu sengaja dibuang orang tuanya.

"Saat ini masih dalam proses penyelidikan guna menemukan siapa orang tua bayi tersebut. Karena dugaan sementara bayi itu sengaja ditinggalkan orang tuanya," ujarnya.

(mbr/sip)