Round-Up

Trah Sukarno Dibawa-bawa di Tengah Isu Suksesi Pura Mangkunegaran

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 20:16 WIB
Putra mendiang Mangkunegara IX, Paundrakarna Jiwa Suryanegara, tiba-tiba muncul dan memberi pernyataan politik.
Putra mendiang Mangkunegara IX, Paundrakarna Jiwa Suryanegara, tiba-tiba muncul dan memberi pernyataan politik. (Foto: Tangkapan layar akun medsos)
Solo -

Salah satu calon penerus takhta Pura Mangkunegaran, GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara muncul dengan pernyataan mengejutkan yang membawa-bawa nama kakeknya, Sukarno. Namun pernyataannya dianggap biasa oleh sejumlah pihak.

Isi pernyataannya antara lain terkait penegasan posisi Paundrakarna yang merupakan cucu Sukarno dan cucu Mangkunegara VIII. Dia menyinggung soal pemimpin kerajaan yang tidak seperti sebuah kompetisi.

Kemudian dia juga mengingatkan agar tidak ada pihak yang menyepelekan dirinya. Paundra juga mengingatkan adanya karma yang buruk.

Ketua Himpunan Kerabat Mangkunegaran (HKMN), Satyotomo, mengatakan tidak ada masalah yang terjadi di internal keluarga, termasuk kaitannya dengan suksesi Mangkunegaran. Menurutnya, Paundra sekadar menyampaikan unek-unek di media sosial.

"Saya sudah baca tulisan Mas Paundra. Saya itu mengenal sejak beliau kecil. Memang itu hal yang biasa dilakukan Mas Paundra. Tapi tidak ada masalah kok," kata Satyotomo saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/10/2021).

Terkait kemunculan Roy di suksesi Mangkunegaran?

Belum diketahui secara jelas apa maksud dan kepada siapa pesan tersebut ditujukan. Namun jika dikaitkan dengan isu suksesi, dalam beberapa waktu terakhir muncul nama calon pewaris takhta selain Paundra dan GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo, yakni cucu pahlawan nasional Moh Yamin sekaligus cucu Mangkunegara VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin.

Ketika dimintai konfirmasi lebih lanjut, Paundra tidak lagi merespons pesan WhatsApp. detikcom juga berusaha menghubungi melalui telepon namun belum juga direspons.

Sementara itu, Roy menilai pernyataan Paundra di media sosial adalah hal yang sudah biasa dilakukan Paundra. Menurut Roy, pernyataan Paundra itu tidak ada kaitan dengan dirinya.

"Saya itu nggak punya medsos, tapi Paundra memang aktif dan sering menulis seperti itu, menulis apapun, perasaan seperti apa diungkapkan. Silakan tanya ke Mas Paundra. Kalau ada kaitannya apa nggak, mungkin waktunya aja kebetulan," kata Roy saat dihubungi detikcom, Minggu (17/10).


Selengkapnya cucu Moh Yamin angkat bicara soal pernyataan politik Paundra di tengah isu suksesi Mangkunegaran...