Terpopuler Sepekan

Barisan Celeng Berjuang, Keberanian Akar Rumput PDIP Lawan Elite Partai

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 08:31 WIB
Logo Barisan Celeng Berjuang, Selasa (12/10/2021).
Logo Barisan Celeng Berjuang, Selasa (12/10/2021). Foto: dok Eko Lephex
Purworejo -

Masalah di internal PDIP hingga kini terus bergulir gegara dukung mendukung capres 2024. Sebutan celeng pun muncul dari kader yang dianggap keluar barisan hingga berujung pemanggilan oleh pihak DPP PDIP.

Dianggap Celeng, Dibalas Sebutan Mental Bebek

Ketua DPD PDIP Jateng Bambang 'Pacul' Wuryanto menyebut celeng bagi pengurus dan oknum PDIP yang mendeklarasikan diri mendukung Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024. Tak hanya diam, Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Purworejo, Alrbertus Sumbogo, pun membalas pernyataan Bambang Pacul.

"Di bawah tekanan kepemimpinan beliau (Bambang Pacul) lahirlah kader-kader dengan mental babu, bebek dan beo," kata Sumbogo saat dihubungi detikcom, Minggu (10/10) lalu.

Sumbogo menambahkan, kata-kata kasar yang keluar dari mulut Bambang Pacul bukanlah yang pertama. Hal tersebut memang dilakukan dalam rangka merapatkan barisan. Dalam beberapa hal, langkah tersebut dianggap berhasil, namun menurut Sumbogo hal itu justru menciptakan kader yang memiliki mental pesuruh.

"Ini bukan yang pertama beliau mengatakan hal tersebut, terutama dalam rangka merapatkan barisannya, supaya tidak seorang pun dari kader PDIP berani berbeda pendapat dan tetap tunduk pada otoritas 'Diktator Pacul' dengan analogi bahwa barisan kader ini militeristik sifatnya," ucap Sumbogo menambahkan.

"Dengan demikian maka kader partai harus dikomando seperti baris-berbaris. Dalam beberapa hal itu tepat dan berhasil, tetapi dalam banyak hal pak Bambang Pacul telah merubah jiwa para kader menjadi seperti pesuruh, kon ngalor, ngalor, kon ngidul, ngidul (disuruh ke utara, ke utara, disuruh ke selatan, ke selatan)," sambungnya.

Sumbogo pun merasa kasihan dengan partai berlambang moncong banteng itu jika memiliki kader seperti Bambang Pacul. Ia juga meminta agar Bambang Pacul tahu diri.

"Mesakke (kasihan) PDIP jika tumbuh kader-kader yang mirip pak Bambang Pacul. Kudune (harusnya) pak Bambang Pacul ki bisa rumangsa, aja rumangsa bisa," lanjutnya.

Konflik Berawal dari Deklarasi Dukung Ganjar

Diberitakan sebelumnya, DPC Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Kabupaten Purworejo mendeklarasikan diri siap mendukung Gubernur Jateng Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024. Deklarasi digelar di sebuah rumah makan di Purworejo, Sabtu (25/9) petang.

Acara juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) SGI Tedy Mulyadi dan Korwil SGI Jateng Alex Ngatidjan. Selain itu tampak hadir pula Wakil Ketua DPC PDIP Purworejo Albertus Sumbogo.

Dalam acara itu, Albertus Sumbogo mengaku siap menghadapi sanksi jika dukungan terhadap Ganjar dianggap sebagai pelanggaran. Dalam kepengurusan DPC SGI Kabupaten Purworejo sendiri, ia didapuk menjadi ketua.

Selanjutnya, kader deklarasikan capres disebut celeng...

Tonton juga video icip-icip Subway yang baru buka lagi di Indonesia berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]