Pendaki Viral Joget di Tugu Puncak Merbabu Dilarang Mendaki 1 Tahun

Ragil Ajiyanto - detikNews
Jumat, 15 Okt 2021 18:41 WIB

Sementara itu dalam video klarifikasinya, RZ, WR dan WD meminta maaf kepada BTNGMb, warga sekitar kawasan dan para pendaki Indonesia, karena mereka telah melakukan tindakan tidak etis yakni memanjat tugu puncak Gunung Merbabu dan mendaki melalui jalur ilegal.

"Selamat sore, kami atas nama Rizki, Widya, Wiryo mengucapkan mohon maaf kepada Taman Nasional Gunung Merbabu, warga sekitar kawasan Merbabu dan para pendaki Indonesia, karena kami telah melakukan tindakan menaiki tugu puncak Merbabu, melakukan tindakan yang tidak etis, melalui jalur ilegal dan kami siap mendapatkan sanksi hukuman dari TN Merbabu," katanya dalam video yang juga didampingi dua petugas BTNGMb.

"Imbauan untuk sobat Merbabu, tidak mengikuti perbuatan kami. Gunung Merbabu adalah kawasan konservasi yang perlu dijaga dan dilestarikan. BTNGMb terbuka untuk komunikasi dengan masyarakat umum sesuai dengan regulasi yang berlaku. Terima kasih, salam lestari, Boyolali 12 Oktober 2021," sambungnya.

Untuk diketahui, pendakian di Gunung Merbabu dibuka lagi saat masa PPKM sejak tanggal 5 Oktober 2021 lalu. Namun baru satu jalur, yakni jalur Thekelan, Kabupaten Semarang. Video yang menunjukkan pendaki memanjat tugu dan berjoget tersebut viral pada tanggal 6 Oktober 2021 atau satu hari setelah dibuka.


(rih/ams)