Mensesneg soal Surpres Panglima TNI: Targetnya Bulan Depan

ADVERTISEMENT

Mensesneg soal Surpres Panglima TNI: Targetnya Bulan Depan

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Sabtu, 09 Okt 2021 15:29 WIB
Mensesneg Pratikno
Mensesneg Pratikno (Foto: Biro Pers Setpres)
Sleman -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengirimkan surat (surpres) berisi nama calon panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto. Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan presiden masih punya waktu hingga bulan depan untuk menyerahkan nama calon pengganti Hadi Tjahjanto ke DPR.

"Targetnya jelas bulan depan. Memang harus diajukan bulan depan, diputuskan DPR bulan depan, karena masih ada waktu," kata Pratikno di UGM, Sleman, Sabtu (9/10/2021).

Pratikno menyebut hingga saat ini Jokowi belum mengirimkan surpres berisi nama calon panglima TNI. "Belum belum. Belum diajukan," ujarnya.

Saat ditanya nama-nama calon panglima TNI, Pratikno mengungkap kriteria calon panglima TNI merupakan kepala staf di kesatuan masing-masing. Namun, dia tidak menyebut siapa nama calon yang dimaksud.

"Ya syaratnya panglima kepala staf tapi belum, belum diajukan. Kan masih bulan depan," jawabnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus meminta Presiden Jokowi segera mengajukan nama calon panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto. Lodewijk berharap Jokowi menyerahkan nama calon panglima TNI sebelum 7 Oktober.

"Di Komisi I DPR ada pergantian panglima TNI. Kita menunggu, kita monitor, mudah-mudahan Bapak Presiden segera mengajukan calon Panglima TNI," kata Lodewijk di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/9).

Lodewijk mengatakan Hadi bakal pensiun per 1 Desember 2021. Sementara itu, kata dia, DPR juga bakal memasuki masa reses. Lodewijk berharap nama calon Panglima TNI bisa diterima DPR sebelum 7 Oktober.

"Pak Hadi per 1 Desember ini sudah pensiun, sehingga diharapkan sebelum itu dengan masa reses yang insyaallah selesai tanggal 7 (Oktober) kita sudah bisa memiliki Panglima TNI," ucapnya.

"Kalau nggak kita menunggu total waktu persiapan sangat sempit," imbuhnya.

Simak video 'Sederet Nama Petinggi TNI di Bursa Calon Panglima':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT