Round-Up

7 Fakta Tak Terpuji Pendaki Panjat-Joget di Atas Tugu Puncak Merbabu

Ragil Ajiyanto - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 08:38 WIB

4. Sangat disayangkan

BTNGMb menyayangkan adanya pendaki yang nekat memanjat dan berjoget di atas tugu puncak Triangulasi. Tugu tersebut merupakan aset negara yang harus dijaga.

"Kami menyayangkan dan mengharap para pendaki Taman Nasional Gunung Merbabu dan Taman Nasional lain, tentunya kita harus menjadi pendaki yang bijak, yang menjaga norma dan mengikuti aturan, regulasi yang ditetapkan," kata Kasubag TU BTNGMb, Johan Setiawan, ditemui di kantornya Jalan Merbabu No. 136 Boyolal, Kamis (7/10).

Disampaikan Johan, tugu yang dibangun di puncak Gunung Merbabu itu merupakan aset negara yang dibangun oleh negara dari uang rakyat melalui pajak. Pembangunan tugu tersebut untuk kepentingan wisata pendakian. Karena merupakan aset negara, tentu ada konsekuensi-konsekuensi aturan yang harus ditaati.

"Bagaimana etika dia terhadap pemanfaatan aset. Karena kita tidak tahu, itu (memanjat tugu) bisa menimbulkan kerusakan. Yang terpenting kita menjaga agar perilaku seperti ini tidak terulang karena membahayakan diri sendiri," imbuh dia.

5. Tugu baru saja diperbaiki

Tugu di puncak Gunung Merbabu itu dibangun tahun 2017 lalu. Tak hanya di puncak Triangulasi, tugu juga dibangun di puncak Syarif dan puncak Kentengsongo. Setiap tahun tugu-tugu itu dilakukan perbaikan.

"Tugu itu (Puncak Triangulasi) baru saja diperbaiki. Pada saat PPKM kemarin, (pendakian ditutup) diperbaiki karena sebelum itu kan (tugu) condong, miring. Karena dirasa membahayakan sehingga kita lakukan perbaikan," jelas Johan Setiawan.

Dengan adanya perbaikan tersebut, diharapkan keberadaan tugu-tugu di puncak Gunung Merbabu itu bisa awet.Tugu itu bisa menjadi background untuk berfoto bagi pendaki atas pencapaiannya telah sampai di puncak Merbabu.

"Kita berharap bisa memberikan manfaat yang awet, yang lama kepada para pendaki untuk berbagai background foto sekaligus sebagai monumen pencapaian sudah mencapai puncak Gunung Merbabu," imbuhnya.

Selanjutnya: pendakian baru saja dibuka...