Round-Up

7 Fakta Tak Terpuji Pendaki Panjat-Joget di Atas Tugu Puncak Merbabu

Ragil Ajiyanto - detikNews
Jumat, 08 Okt 2021 08:38 WIB
Boyolali -

Sebuah video pendaki memanjat dan berjoget di atas tugu Triangulasi Puncak Gunung Merbabu, viral di media sosial. Video itu pun menghebohkan jagad alam maya.

Video dan foto viral itu antara lain diunggah akun resmi Instagram Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), yakni btn_gn_merbabu pada Rabu (6/10/2021).

Sejumlah akun instagram ikut merepost aksi pendaki di puncak Gunung Merbabu itu. Berbagai ragam komentar pun dilontarkan netizen. Berikut fakta-fakta dari video viral itu:

1. Ada satu video dan dua foto


Video viral itu antara lain diunggah akun resmi BTNGMb, yaknibtn_gn_merbabu pada Rabu (6/10/2021). BTNGMb menyertakan keterangan, #sobatmerbabu, video dan gambar di atas sedang viral saat ini. Hal seperti ini adalah contoh pendaki yang kurang bertanggung jawab.

"Bagaimana jika mereka itu terjatuh?" tulis btn_gn_merbabu.

Disebutkan juga, bahwa tugu itu dibangun sebagai identitas puncak Gunung Merbabu.

"Tugu itu dibangun sebagai identitas puncak Gunung Merbabu. Untuk menegakkan tugu tersebut harus membawa air, semen dan material dari bawah. Seharusnya kita turut menjaganya," lanjut btn_gn_merbabu.

"Jadilah pendaki yang bijak, cerdas dan bertanggung jawab sobat," imbau btn_gn_merbabu.

Dalam kolom komentar, netizen rata-rata menyayangkan tindakan pendaki tersebut. Bahkan sejumlah komentar meminta pendaki itu diberi tindakan tegas dan di blacklist.

"Wajib di tegur, edukasi, dan Blacklist," kata akun out***.

2. Video berdurasi 30 detik

Ada tiga gambar yang diunggah BTNGMb di akun resmi instagramnya. Satu video memperlihatkan seorang laki-laki berjoget di atas tugu puncak Triangulasi yang berada di ketinggian 3.142 mdpl.

Video berdurasi sekitar 30 detik itu terlihat seorang pria berdiri dengan kaki menapak pada dua tiang tugu. Dengan diiringi musik, pria itu pun terlihat asyik berjoget.

Kemudian ada dua foto yang memperlihatkan seseorang duduk di atas tugu tersebut dengan pose membelakangi kamera.

3. BTNGMb cari pelakunya

Pihak BTNGMb pun bergerak untuk menyelidiki dan mencari pendaki yang nekat memanjat dan berjoget di tugu puncak Triangulasi. Tindakan pendaki itu bisa merusak aset negara dan membahayakan dirinya sendiri.

Apakah mereka merupakan pendaki yang naik melalui jalur Thekelan, Kabupaten Semarang pada tanggal 5 Oktober 2021 atau bukan. Atau pendaki yang naik melalui jalur tak resmi atau jalur yang belum dibuka.

"Kita sedang menyelidiki. Kita mencoba beberapa kemungkinan, tapi kita juga di pintu pendakian Thekelan sekarang sudah kita tapis, apakah ini masuk di dalam daftar pendaki yang terdaftar di booking online tanggal 5 (Oktober 2021) atau tidak. Atau bisa jadi melalui jalur yang ditutup, yang belum dibuka, kita belum tahu itu. Kita mencoba mendalami, mencari informasi," ujar Kasubag TU BTNGMb, Johan Setiawan ditemui di kantornya, Kamis (7/10).


Selanjutnya: tugu baru saja diperbaiki dengan susah payah...