Gibran Pergoki ASN Bersandal Makan di Warung Saat Jam Kerja: Ra Cetho!

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 18:00 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memergoki sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang nongkrong di warung saat jam kerja. Gibran memastikan ASN itu dipastikan mendapat sanksi.

Saat itu Gibran baru selesai melakukan penandatanganan kerja sama dengan Indosat di Balai Kota Solo sekitar pukul 10.00 WIB, pagi tadi. Kemudian dia berpindah ke acara selanjutnya, yakni meninjau vaksinasi di Pura Mangkunegaran.

Setelah keluar dari pintu belakang Balai Kota Solo, Gibran tiba-tiba menghentikan mobilnya. Rupanya dia melihat sejumlah ASN makan di warung.

Gibran pun turun dan mendatangi mereka. Usai menegur para ASN, Gibran kembali masuk ke mobil dan melanjutkan perjalanan.

Saat dimintai konfirmasi, Gibran menjelaskan bahwa di warung tersebut ada tiga orang ASN dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian yang sedang makan. Mereka juga hanya mengenakan sandal.

"Makan pas jam kerja. Sandalan tok (hanya pakai sendal). Wis ra cetho (nggak jelas)," kata Gibran di Balai Kota Solo, Senin (4/10/2021).

Dia pun telah meminta Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) untuk menangani tiga ASN itu. Dia kembali mengingatkan kepada seluruh ASN agar tidak makan saat jam kerja.

"Wis (sudah). Biar diurus BKD (BKPPD). Yang jelas jangan makan di jam kerja, apalagi di luar kantor," ujar dia.

Gibran pun sampai meminta petugas pengamanan dalam (Pamdal) untuk memotret dan melaporkan jika melihat ASN nongkrong atau makan di luar pintu belakang balai kota saat jam kerja.

"Aturan pasti sudah ada to. Tinggal implementasi sama monitoring saja. Makanya, tadi di pintu keluar, saya pesan sama Pamdalnya. Kalau ada yang nongkrong di situ, difoto dan laporkan ke saya. Apalagi pas jam kerja," kata dia.

Kejadian serupa, kata Gibran, sudah pernah dia temukan. Dia pun sudah menegur ASN terkait.

"Sebelumnya sudah nemu sih. Sudah saya tegur juga," pungkasnya.

Lihat juga video 'Mang Ade, Sosok yang Temukan Gibran di Gunung Guntur Dapat Hadiah':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)