Ada Vaksinasi Penyapu Terakhir di Solo, Apa Itu Maksudnya?

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Senin, 04 Okt 2021 15:55 WIB
Vaksinasi COVID-19 di Pura Mangkunegaran, Solo, Senin (4/10/2021).
Vaksinasi COVID-19 di Pura Mangkunegaran, Solo, Senin (4/10/2021). Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo -

Wakil Ketua Komisi 6 DPR RI Aria Bima melakukan peninjauan vaksinasi COVID-19 di Pura Mangkunegaran, Solo. Dia menyebut vaksinasi ini sebagai penyapu terakhir. Apa maksudnya?

Politikus PDIP tersebut mengatakan vaksinasi itu kebanyakan diikuti oleh masyarakat yang sebelumnya enggan maupun terkendala aturan vaksinasi. Sedangkan secara umum, vaksinasi sudah melebihi target.

"Ini kita penyapu terakhir, total pengadaan sampai 119 persen untuk Kota Solo. Pesertanya ada dari warga yang terbentur aturan, nggak bisa ke mana-mana kalau belum vaksin, ada juga yang kena COVID, jadi baru bisa vaksin sekarang," kata Aria usai meninjau vaksinasi di Pura Mangkunegaran, Solo, Senin (4/10/2021).

Dengan kondisi kasus COVID-19 yang sudah landai, Aria menyebut pandemi beralih ke masa endemi. Saat ini pemerintah tinggal melakukan percepatan pemulihan ekonomi.

"Pandemi jadi endemi dan hilang kalau sudah vaksin sampai batas herd immunity. Habis ini tinggal satu step, vaksin, tetap 5M, perbaikan ekonomi," ujarnya.

"Di Jakarta sekarang macet, di sini macet, menandakan ada kegairahan. Pertumbuhan ekonomi naik 7 persen, dari minus 5 ke 2. Akhir kuartal ini harapan kita kembali normal 5 persen," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan dalam sepekan terakhir sudah melakukan langkah penyisiran ke kampung-kampung terhadap masyarakat yang belum divaksin. Petugas sudah memulai vaksinasi door to door.

"Vaksinasi door to door sudah dilakukan dengan Babinsa dan puskesmas. Sudah semingguan, sehari puluhan orang, kebanyakan penyintas, lansia tidak ada yang mengantar, orang malas mengantre. Kita edukasi dan tidak kita paksa," kata Gibran.

(rih/rih)